________________________________
 Dari: Sri Yansen <syan...@yahoo.com>
Kepada: "rantaunet@googlegroups.com" <rantaunet@googlegroups.com>
Dikirim: Kamis, 20 Juni 2013 10:37
Judul: Bls: [R@ntau-Net] Sia nan ka manulih Biografi HAMKA???

Mungkin iko Ajo...

http://www.republika.co.id/berita/kolom/resonansi/13/06/18/mokdbs-hamkas-great-story-islam-for-indonesia

esonansi
Hamka's Great Story: Islam for Indonesia
Tuesday, 18 June 2013, 07:57 WIB
Komentar : 0
Republika/Daan
Professor Ahmad Syafii Maarif
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID,Oleh Ahmad Syafii Maarif

Sabtu pagi, 8 Juni 2013, sekitar satu jam, Prof James R Rush dari Arizona State
University mewawancarai saya di kawasan Kuningan, Jakarta. Setelah berbicara
tentang Islam di Indonesia, kemudian diskusi mengerucut kepada karyanya tentang
Prof DR Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka) dengan judul di atas.

Saat saya tanyakan mengapa dia tertarik meneliti Buya Hamka, jawabannya
langsung. Bermula dengan membaca novel-novel Buya Hamka, seperti Merantau ke
Deli, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, berlanjut
kepada karya-karya besar lainnya, termasuk Tafsir al-Azhar lengkap 30 juz,
James Rush selama puluhan tahun kemudian telah membedah pujangga, pemikir,
alim, mufasir, dan sejarawan seorang Hamka yang fenomenal dan multitalentedini.

Kepada saya diperlihatkan draf karyanya setebal sekitar 350 halaman. Sekarang
sedang dicarikan penerbit di Amerika agar bisa terbit dan beredar tahun 2014.
Pagi itu saya yang didampingi oleh Asmul Khairi MPd, MM, merasa sangat bahagia
mendengar rencana Prof Rush, seorang Indonesianis yang tertarik dengan kajian
mengenai Islam Indonesia. Hamka adalah bagian menyatu dari kajian itu.

Di wajah Rush terlihat
 simpati dan minat yang mendalam untuk menganal lebih jauh tentang sosok Hamka
(1908-1981), seorang otodidak sejati, yang tidak banyak dilahirkan sepanjang
sejarah umat manusia di muka bumi. Indonesia tentu termasuk yang beruntung
karena dari rahimnya telah lahir seorang Hamka dengan karya-karyanya lebih dari
100 judul dan masih dibaca orang sampai hari ini, termasuk oleh rakyat Malaysia
yang amat mengagumi pujangga kelahiran Sungai Batang, Maninjau, Sumatra Barat,
ini.

Menurut Rush, dalam menyampaikan pendapat-pendapatnya, Hamka punya kepercayaan
diri yang tinggi. Dalam teologi, Hamka menjaga keseimbangan antara paham
Muktazilah yang serbarasional pada satu kutub dan Asy’ariyah pada kutub yang
lain. Saya sampaikan kepada Rush, bila karyanya di atas sudah beredar agar
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, demi mencapai radius publik yang lebih
luas. Rush tersenyum tanda
 setuju.

Bagi tuan dan puan yang ingin berkomunikasi dengan Rush, dapat dikontak melalui
e-mail: james.r...@asu.edu. Sekiranya Rush tidak mengontak saya berkali-kali
untuk bertemu di Jakarta, boleh jadi Indonesianis yang tertarik dengan kajian
Islam ini tidak akan pernah saya kenal.

Didorong oleh wawancara dengan Rush tentang Hamka, saya kembali membuka buku
yang dieditori sahabat saya, Rusjdi Hamka, dan teman-temannya di bawah judul:
Perjalanan Terakhir Buya Hamka (Jakarta: Panji Masyarakat, 1981). Tuan dan puan
boleh saja menilai saya seorang cengeng karena saat membaca buku itu air mata
ini tetes tak tertahankan. Kata pengantar Bung Rusjdi dalam buku itu yang dari
hari ke hari menggambarkan kondisi Buya Hamka, yang sedang menghadapi saat-saat
terakhirnya sejak 15 Juli jam 09.00 pagi, bagi saya sangat mengesankan, tulus,
dan otentik.

Mufasir besar ini wafat pada jam 10.41.08 pagi, hari Jumat, 24 Juli 1981/22
Ramadhan 1401, di RS Pusat Pertamina, Kebayoran Baru, Jakarta, dalam usia 73
tahun enam bulan. Mohammad Natsir, sahabat Buya, menyaksikan seluruh
detik-detik terakhir perjalanan sosok manusia piawai yang dikagumi puluhan juta
manusia, termasuk Prof James Rush ini.

Hamka pernah hendak dihancurkan oleh Pramoedya Ananta Toer bersama Lekra saat
jaya-jayanya PKI, namun berakhir dengan kegagalan total. Urat tunggang Hamka di
bumi Indonesia ternyata teramat kuat untuk digoyang. Semestinya seorang
sastrawan besar semisal Pramoedya tidak berbuat latah seperti itu.

Tetapi, kita pun maklum ketika sastra dikorbankan untuk kepentingan politik
kekuasaan, segalanya bisa terjadi. Dan, itulah yang ditimpakan atas diri Hamka.
Catatan yang satu ini tidak sempat saya diskusikan dengan Prof Rush.

Akhirnya, mari sama kita tunggu terbit dan beredarnya tahun depan, karya Rush
tentang Hamka seperti judul di atas.