Seri Memancing : Rencana Memancing kesebuah Spot/Lubuk di Hulu S Mahakam
bersama Ibnu Kamang

Sanak Ibnu, Pak ZD, Mak Nurzal, Nakan Rina dan Dunsanak Palanta RN

Sungguh diluar dugaan juga jika Sanak Ibnu ketika beberapa foto hasil strike
baung dan patin monster saya posting dipalanta ini, lalu merespon akan datang
dari Pekanbaru memancing atau istilah Ibnu “malapehkan candu angguak-angguak
joran “ ke Hulu S Mahakam-Kabupaten Kutai Barat-Kaltim yang beribu kota
Sendawar tempat kantor perwakilan dan mess perusahaan saya berada.Dari
komunikasi saya dengan Ibnu via BBM, Ibnu jauh hari (sebelum lebaran) telah
booking tiket dari Pekanbaru-Jakarta-Balikpapan-Melak/Sendawar, berangkat
tanggal 23 Agustus dari Jakarta pulang dari Melak tanggal 26 Agustus. Itu
artinya 2 hari penuh (Sabtu/24 dan Minggu/25) kami akan memancing di sebuah
spot/lubuk Hulu Sungai Mahakam.

Saya lansung bergerak dan berkomunikasi dengan orang lapangan saya  agar segala
sesuatu dikondisikan untuk acara memancing ini, saya tidak mau Ibnu kecewa yang
“bela-belain” datang jauh dari Pekanbaru yang tentunya menghabiskan waktu,
tenaga dan biaya yang lumayan besar hanya untuk memancing nantinya ke Hulu S
Mahakam. Alahmdulillah perlu saya beritahu kepada para members RN yang hobi
memancing/mamapeh siapa tahu ada yang berminat masih ada waktu untuk ikut
bergabung hehehehe segala sesuatu telah terkondisi dan terencana, mudah2an
terlaksana dengan baik tanpa kendala yang berarti nantinya. Ini rencana
menyambut kedatangan Ibnu (ayo..siapa mau ikut ?) memancing ke spot/lubuk di
Hulu S Mahakam :

Selasa,  20 Agustus 2013

- Saya dari Balikpapan jam 12.00 WITA berangkat ke Melak dengan pesawat KALstar

Jum’at, 23 Agustus 2013

- Ibnu dari  Jakarta ke Balikpapan lansung konek pesawat KALstar jam 12.00 ke
Melak

- Jam 13.00 saya jemput ke Bandara, lansung berkuliner makan siang di RM
Anggrek Melak dengan hidangan khas ikan, udang S Mahakam yang paling
direkomendasikan untuk di coba Sop Udang ala Kutai yang asem, seger dengan
sentuhan pedas cabe rawit yang mengapung dikuahnya serta goring crispy siluang
dengan sambel asem segernya, semua ikan masih segar-segar (pesan dulu baru
dimasak), tersedia juga bentilap, silais, baung dan patin goreng dengan lalapan
serta sayur bening, pokoknya ini sebuah resto favorit saya paling top dan nomor
satu di Melak.

- Selesai makan siang istirahat sejenak dan saya sudah pesan hotel sederhana
yang penting bersih, ber AC (maklum kabupaten baru belum ada hotel berbintang)
di Hotel Amar-Barong Tongkok sekitar 8 Km dari Melak (Melak ini sebelum Kubar
jadi kabupaten adalah sebuah kecamatan/pusat kota dulunya yang berada di tepian
S Mahakam (pelabuhan), setelah Kubar jadi Kabupaten pecahan Kabupaten Kutai
Kartanegara maka ibu kota atau pusat pemerintahan berada di Sendawar, jadi
kira-kira Sendawar itu berada ditengah antara Barong Tongkok (Kota Kecamatan
yang ramai juga) dan Melak.

- Sore keliling kota ke Pelabuhan Melak S Mahakam, boleh juga nantinya iseng
memancing sekedar di sebuah Dermaga atau pasar terapung rumah penduduk yang
biasanya para pehobi memancing setiap sore nongkrong disana “malapeh candu
angguak-angguak”, biasanya saya habis pulang kantor suka juga sebelum ke mess
menjelang maghrib tiba rilek memancing diseputar dermaga sambil memesan kopi
dan camilan di lapau terapung tempat melempar pancing ke Sungai Mahakam.

- Setelah maghrib berkuliner lagi, bisa jadi diulang lagi di RM Anggrek jika
Ibnu masih berminat dan belum semua hidangan dicicipi.

- Istirahat

Sabtu, 24 Agustus 2013

- Jam 9 pagi  saya jumput Ibnu untuk siap-siap ke spot , saya telah siapkan
speed boat di pelabuhan Gruti (40 Menit dari Penginapan Ibnu) , sesampainya di
Dermaga Gruti lansung tancap gas ke Ujoh Halang (Hulu S Mahakam) , staf saya
yang hobi memancing juga dan penduduk tempatan sekaligus operator speed boat
telah saya instruksikan mempersiapkan segala sesuatu mulai umpan (cacing,
jangkrik, tempe goreng , bakwan, pisang pokoknya bawa semua jenis umpan),
logistic dan bahan makanan, karena kami akan mandah di sebuah pulau berbatu
kerikil di tepian Mahakam (daerah spot) dengan memasang tenda serta membawa
perlengkapan memasak.

- Jam 12 sekalian makan siang disebuah RM Terapung di S Mahakam belanja
logistic dan bahan makanan

- Jam 14.00 ..Here we go …rock and roll  strike ! disekitar spot dekat pulau
berbatu kerikil dimana tenda dipasang

- Jam 19.00 sampai jam 24.00 (suka-suka) siap-siap lagi rock and roll strike
dengan umpan pisang yang disusun sate pada mata kail dan tentu berharap strike
patin monster paling tidak berat 5 Kg Up

- Istirahat

Minggu, 25 Agustus

- Pagi sampai jam 12.00 rock and roll strike angguak-angguak joran lagi intinya
lebih rilek dan santai sambil ngopi2 ditenda serta menikmati pemandangan S
Mahakam, bisa juga iseng dihamparan batu kerikil cari-cari bahan batu akik yang
nantinya diasah jadi batu cincin hehehehe.Oh ya sarapan dan makan siang tentu
masak-masak dialam bebas dengan menu utama ikan bakar seger (bumbu-bumbu jangan
diragukan masalah ini saya rewel dan tahu apa yang akan dibawa , masak serba
manual dengan bahan bakar kayu api, gak nendang..gak heboh lagi bawa-bawa
kompor gas dan tabungnya)

- Jam 13.00 siap-siap meluncur ke pelabuhan Gruti kembali ke Melak

- Istirahat dan santai di Melak, bisa ngopi-ngopi deh sambil nonton Liga
Inggris yang memasuki laga ke 2 Musim 2013/2014 atau Liga Eropa lainnya ϑ

Senin, 26 Agustus 2013

- Ibnu siap-siap ke bandara Melak ke Balikpapan untuk terus ke Jakarta

Ayo !! ada yang berminat untuk ikut bersama Ibnu dari Jakarta ?

Wass-Jepe

Catatan :
-  Ibnu sudah saya pesan bawa kacang goreng batu sangka buat camilan
memancing..asekkk

-   Jangan lupa Ibnu bawa kamera (Pocket camdig) walau saya juga punya buat
dokumentasi narsis-narsis selama memancing, saya sendiri kurang tahu pasti apa
ada sinyal provider telkomsel di spot, jika ada bisa kita kompori lansung via
BB, Pak ZD, Mak Nurzal, Rina , Ajo Sur dan dunsanak palanta RN heheheheh

Insha Allah berjalan sesuai rencana ya..air sungai main, cuaca cerah dan tidak
hujan selama berada mandah di spot tempat kita “rock and roll
strike..angguak-angguak Joran.