Sejenak Bersama Bung Ricky Avenzora dan Bung Ridwan Tulus

Undangan dari IA sahabat di dunia maya
Untuk menghadiri sidangnya kupenuhi
Sekitar pukul 11.00 WIB
Aku berpapasan dengan IA di halaman PPS UNAND
IA cepat mengenalku dan tersenyum padaku
Kamipun bersalaman dan cipika cipiki untuk pertamakalinya
Kemudian kami melangkah menuju ruang sidang di lantai 3

Sekitar pukul 11.30 WIB
IA mengatakan padaku Bung RA sudah berada di lantai 1
Kami turun kembali ke lantai 1
Untuk yang pertama kali aku berjumpa dengan Bung RA
Bung RA datang dengan 2 orang temannya
Seakan-akan yang satu sopir yang lain pengawal
Santai sekali gaya teman-temannya

Bung RA sebutanku untuk Ricky Avenzora
Sahabat yang kukenal di milis Rantaunet
Empat tahun sudah aku mengenalnya dan belajar darinya
Belum pernah sekalipun kami bertemu muka
Kehadirannya di UNAND sebagai pembimbing IA
Kumanfaatkan untuk bertemu

Setelah bersalaman
Kami menuju lantai 3 bersama-sama
Sambil jalan saling bertanya
Si pengawal menyebut namanya Ridwan
Yang satu lagi lebih banyak diam
Bung RA sendiri jalan sambil jaga wibawa
Karena sipengawal bilang dia bukan dosen
Aku langsung menebak kalau mereka orang Pariwisata
Mereka meng-iyakan  ketika kutanya apa mereka kenal Da Nofrin

Kami yang tidak berkepentingan
Tidak masuk ke ruang sidang
Kami mengambil tempat duduk yang ada di luar ruangan
Waktu sidang masih lama
Bung RA ikut pula ngobrol santai bersama kami
Fadilla putriku datang menimbrung
Kukatakan pada pak Ridwan  kalau si Fadilla mau ke Kyushu Jepang
“Kyushu adalah kampus terindah di Jepang”, kata pak Ridwan
Mengalirlah kenangannya tentang  Kyushu  dan  kota Jepang lainnya
Salah satu perkataannya yang sempat kurekam
“Saya senang mengubah yang biasa menjadi luar biasa”

Melihat karakterku yang beda sekali dengan Fadilla
Pak Ridwan sempat bertanya apa Fadilla anak kandungku
Untuk seterusnya aku jadi pendengar obrolan mereka
Obrolan berhenti ketika azan Zuhur berkumandang
Kecuali aku yang diminta IA untuk menjaga ruangan
Yang lain menuju Mushola untuk sholat
Akupun pergi sholat ketika IA sudah datang

Sekembali dari sholat
Aku memisahkan diri dan menyendiri di ruang yang kosong
Kubiarkan Fadilla yang menemani Pak Ridwan dan temannya
Bung RA dan IA sudah berada di ruang sidang
Sekitar pukul 15.00 WIB sidang usai
Kamipun berpamitan

Ma, mama tau nggak siapa pak Ridwan Tulus itu
Tidak mudah untuk berfoto bersamanya ma
Aku ditawarin berfoto dan ditantang untuk menulis tentangnya
Disepanjang jalan sambil mengendarai motor
Tak henti-henti Fadilla menceritakan kembali
Obrolan mereka tadi
…

Nama Ridwan Tulus
Pernah jadi pembicaraan di milis RN dulu
Alhamdulillah Fadilla beruntung sekali
Banyak pelajaran yang diberikannya pada Fadilla
Salah satu pesannya
“Menilai orang jangan dari penampilannya”
…

Padang, 31 Agustus 2013

Hanifah Damanhuri