From: "JePe" <andi.j...@rantaunet.org>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Sun, 13 Oct 2013 02:00:09
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: [R@ntau-Net] Seri Kuliner : Mengangkat Rasa

Seri Kuliner : Mengangkat Rasa

Anak saya, Regi dalam selera rasa bolehlah dikatakan kategori "lidah minang"
dalam arti menu2 atau masakan jika tidak pedas atau kurang pedes rasanya selera
makannya kurang bersemangat, salah satu makanan favoritnya mie goreng ala
jawatimuran.

Setiap kali Regi  ingin mie goreng ini selalu berpesan pada saya agar rasanya
lebih pedas dari biasanya, disuatu kesempatan di langganan mie goreng ala
jawatimuran ini disebuah warung tenda sederhana pinggiran jalan mengasyikan
juga bagi saya menonton bagaimana proses memasak dan melihat segala kelincahan
sang koki mulai mencampur bumbu, mengaduknya, kapan kompor dimatikan lalu
dihidupkan lagi, kapan apinya dikecilkan sampai siap di hidangkan kepada
pelanggannya.

"Mas...mie gorengnya bungkus 3 ya.. yang pedas ya" begitu pesan saya sama si
Mas ini

"Siap ...Pak....Pedas !!" Ujar singkat si Mas ini

Saat proses membuat mie goreng ini ketika si Mas menaburkan merica ketika mie
goreng dalam proses pengadukan dan pencampuran bumbu2 lainnya seperti kecap
manis dan kecap asin saya bertanya

"Wahhh jadi yang bikin pedas itu taburan merica ya Mas"

"Gak Pak..yang bikin pedas  ini ya adonan halus lombok merah segar ini" jawaban
si Mas sambil  memperlihatkan pada saya semangkok lombok (cabe) merah yang
telah di haluskan sebagai bumbu utama mie goreng.

"Lalu taburan merica itu apa fungsi..bukan membuat mie gorengnya pedas" tanya
saya lagi

"Wahhh kalo sedikit taburan merica ini fungsinya untuk mengangkat rasa Pak"
jawab si Mas

MENGANGKAT RASA...mmmm !!

Atas jawaban si Mas ini..bagi saya cukup menambah perbendaharaan istilah dalam
seni kuliner bahwa ada bumbu2 tertentu dalam masakan yang berfungsi sebagai
"PENGANGKAT RASA" agar masakan yang dibuat mempunyai cita rasa berselera.

Dalam seni kuliner minang tentu banyak bahan dan bumbu2 yang berfungsi untuk
mengangkat cita rasa masakan, contohnya saja dalam masakan minang yang serba
gulai seperti daun ruku2, ini bolehlah bumbu yang berfungsi memangangkat rasa
gulai tersebut.

Saya jadi ingat ketika ibu saya dalam membuat gulai ikan segar cukup
"kalimpasiang" ketika tidak ada ruku2 tersedia didapur, biasanya ibu saya akan
berteriak pada saya untuk memetik beberapa tangkai daun ruku2 yang tumbuh
dihalaman rumah, jelas sekali disini walaupun daun ruku2 bukan bumbu utama
gulai tapi fungsinya cukup menentukan dalam mengangkat rasa gulai ikan itu agar
rasanya  lebih berselera.

Tentu banyak lagi bumbu-bumbu kecil lainnya dalam khasanah kuliner minang yang
bersifat "mengangkat rasa" sebuah masakan selain daun ruku-ruku sebut saja daun
kunyit, daun ketumbar, daun jerut purut, asam kandis dan lain sebagainya.

Selamat berakhir pekan pembaca yang budiman, hadirkan aneka masakan minang
ditengah keluarga anda yang bercita rasa berselera dan tentunya gunakan selalu
bahan dan bumbunya dari produk petani serta nelayan bangsa kita sendiri

*end*

JP-Balikpapan, 13 Oktober 2013
Wass-Jepe, L- 48 Thn, Rantau Balikpapan, Kutai  Barat Kaltim,