Mari berpikir tenang dan jernih adidunsanak n.a.h.

1. Jangankan urang Minang, orang Arab nan kepada mereka diturunkan langsung
Al Qur'an pun (dalam bahasa mereka) ada juga yang non-muslim.
2. Tanah yang terlarang diinjak non-muslim hanyalah Tanah Haram, yaitu
Haramain (Makkah dan Madinah) seperti hadits berikut ini:
Dari Ubbad bin Tamim dari pamannya bahwa Rasulullah saw. bersabda,
*”Sesungguhnya
(Nabi) Ibrahim telah mengharamkan Mekkah dan telah mendo’akan kebaikan
untuknya; dan sesungguhnya aku telah mengharamkan Madinah sebagaimana
Ibrahim telah mengharamkan Mekkah.”*
*
*
Jadi, pengharaman (dua) wilayah itu (antara lain dari masuknya orang-orang
kafir/non-muslim) hanyalah berdasar wahyu dari Allah SWT yang
disampaikanmelalui dua orang Nabi dan Rasul-Nya yang mulia (Ibrahim a.s.
dan Muhammad s.a.w). Oleh sebab itu, kata haram, secara syar’i, tidak boleh
digunakan kecuali untuk keduanya saja. Ini adalah ketetapan syari’at yang
mana akan manusia tidak berwenang campur tangan dalam penggunaan kata
tersebut.*
*

Jangan sampai semangat membela Minangkabau menyebabkan dibuatnya
"syariat-syariat baru" seakan-akan ranah Minang adalah Makkah dan Madinah
pula.

Wassalam,

ANB
45, Cibubur