Pak Saaf, bu Haasma dan sanak palanta yg budiman,
Ide Train The Trainers (TTT) sangat berguna sekali utk menyebarkan
pemahaman ABS-SBK. Alangkah baiknya bekerjasama dengan Universitas dan
Pemda di Sumbar. Mungkin skala TTT nya bisa besar mencakup ratusan orang.
Barangkali sesepuh di perantau harus "mengalah" utk ini dgn pendekatan
persuasif ke Pemda. Maklum skrg pejabat2 muda yg berkuasa tidak mau
didahului dan merasa lbh pintar dari sesepuh2 Minang yg banyak makan asam
garam kehidupan dan pengalaman pembangunan. Mengalah utk menang. Saya ingat
sahabat saya Dr. Boer Mauna eks dubes di Mesir yg begitu pintar
berkomunikasi dgn kaum tua dan muda serta selalu menyanjung orang dgn
sentuhan diplomasi yg enak didengar. Mungkin cara seperti itu harus kita
tiru utk berkomunikasi dgn kaum2 muda yg berkuasa di Pemda bagi kelestarian
ABS-SBK. Cuma saran. Terimakasih. Salam