Bapak Muwardi Muchtar dan sanak sapalanta n.a.h,
Assalamu'alaikum WW,

Bpk. Muwardi Muchtar menyebutkan : ..."Mudah-2-an komentar-komentar
(basarato alasan bukak kulik tampak isi) JoDut (dari subakiak bumi) dalam
manyikapi antaro Bowo-Hatta jo Joko-Kalla dapek pulo mambasauah arang paro
di hati bonek-bonek anyia di RN ko.
He he he...."

Saya benar-benar kaget dan merasa terganggu dengan ucapan-ucapan kasar dan
arogan yang sudah biasa terpaksa (sekali lagi terpaksa) saya (dan silent
reader lainnya di RN ini) baca di palanta ini yang berasal dari bapak ini.
Kesan saya beliau ini amat membanggakan masa lalu, karier gemilang,
kekayaan pengalaman dan ilmu pengetahuannya, pemahaman agamanya
serta...ketajaman pena/mulutnya.
Sebagai senior citizen (maaf, saya kurang suka istilah manula/lansia) saya
juga cukup mengikuti berbagai tulisan di berbagai media sejak zaman Mochtar
Lubis sampai dengan googling di internet sampai hari ini. Kesimpulan saya :
tidak ada penulis yang sekasar bpk Muwardi Muchtar ini dalam memaksakan
pendirian dan pendapatnya kepada penghuni palanta ini. Dan beliau melakukan
hal ini tanpa menenggang perasaan orang lain, malahan terkesan bangga
dengan kekasarannya ini dengan dalih-dalih tertentu.
Pada kesempatan ini saya terpaksa menyatakan ketidak senangan dan
ketergangguan saya atas tulisan-tulisan beliau yang terhormat ini.
Mungkin pernyataan saya ini tidak akan ada efeknya di palanta yang juga
banyak pendukung dan pemuja beliau, yang meyenangi sindiran yang lebih ke
arah penyerangan, serta cemeeh dan cemooh yang (maaf) bagi saya (sekali
lagi bagi saya) merendahkan martabat mereka sendiri.

Islam memberi petunjuk untuk menyiapkan Ramadhan sejak bulan Rajab dengan
amal baik. Dalam suasana menghadapi pilpres ini, petunjuk ini seperti tidak
pernah ada. Sindiran, fitnah, dan ucapan kasar bersileweran di berbagai
sosmed, termasuk palanta ini.

Hujah yang sering digunakan adalah islam dan ABSSBK, yang notabene
masing-masing kita punya pemahaman yang cukup untuk kedua hal tersebut.

Saran saya, dalam menghadapi pilpres ini, serta menyambut Ramadhan yang
sudah sangat dekat ini, kita bisa melihat proses demokrasi bernama Pilpres
ini secara wajar-wajar saja. Pemenangnya sudah jelas salah satu dari 2
orang pasangan calon tersebut. Hanya izin Allah yang akan menentukan
siapapun pemenangnya (!) Yang menang, tidak akan bisa memerintah 'seenak
udelnya' karena masih ada oposisi di parlemen, pers, dan LSM yang akan
mengontrolnya. Bagi yang  kalah, lakukanlah fungsi kontrol yang terbaik
melalui parlemen dan pilar demokrasi lainnya tersebut. Berharap berlebihan
juga dalam seketika pada waktu perhitungan suara akan berubah menjadi
kekecewaan yang berlebihan pula.

Yang tua juga tidak perlu punya banyak saran atau mengatur orang muda.
Orang muda sekarang juga punya akses informasi, lingkungan, serta nalar
yang sering lebih baik dari pada yang tua. (Secara umum) masih efektifkah
saran mamak kepada kemenakan zaman sekarang ini, terutama dalam menentukan
pilihan politiknya ? Silahkanlah masing-masing dengan pilihannya.

Jadi pada 'para pendekar' yang sering malang melintang di palanta milik
kita bersama ini, salah satunya bapak Muwardi Muchtar, tolonglah fahami
bahwa banyak pula silent reader (yang juga punya pengalaman hidup, ilmu,
keimanan dan ketaqwaan dll) yang mungkin juga lebih baik dari anda-anda.
Palanta ini bukan hanya milik tuan-tuan. Tolonglah...sekali lagi tolonglah
untuk tidak menggunakan kata-kata kasar, cemeeh dan cemooh, yang juga kami
ikut membacanya. Mereka yang memiliki akhlak yang baik tidak suka dengan
cara-cara arogan seperti ini.

Banyak maaf dan wasalam,

Epy Buchari, L-71
Ciputat Timur.