Terlebih dahulu ambo mengucapkan ikut berduka cita atas meninggalnya kakak dari
Ajo Duta, semoga amal kebaikan almarhum diterima Allah dan dihapuskan segala
dosanya, amiin ya raobbilalamin

  Yth. Mak Ngah.
  Kira-kira 15 tahun yl. ambo batanyo ka kawan ambo kepala museum Adityawarman
di Padang, Drs. Erman tentang keberadaan prasasti Banda Bapahek di dekat bukik
Gombak. Ketika itu beliau, menjawab bahwa prasasti tsb telah hilang tertimbun
saat perbaikan saluran air.
  Sangat disayangkan masyarakat kita tidak menghargai sejarah.
  Sebelum pergolakan tahun 1956 atau tahun 1957 ambo pernah mondok beberapa
hari di pesantren Bunduang (dekat Batu Bapahek) diajak ibu. Ketika itu
pesantren Bunduang (mungkin asal katanya Bendung) sangat terkenal dan
dikunjungi banyak orang dari pelosok Sumatrea Barat dan kami anak-anak
bermain-main di bandar bapahek tersebut. Kami tak tahu bahwa lokasi tersebut
merupakan saksi sejarah peradaban masyarakat kita tempo dulu. Lalu saat
pergolakan, terdengar berita bahwa buya Bunduang, ulama kharismatik tersebut
dibunuh secara kejam oleh tentara Pusat di jembatan buai Bunduang.
  Beberapa tahun yang lalu saya mengajak anak-anak saya melihat lokasi daerah
Bunduang dari seberang sungai (di lapangan pacu kuda Bukit Gombak.)
  Dari seberang sungai teringat oleh saya pesantren Bunduang yang damai
dihancurkan oleh kaum komunis dan terbayang dalam khayalan saya lk 700 tahun
yl. Adityawarman pada usia lanjut dalam tempo beberapa tahun meninggalkan karya
besarnya (menurut ukuran saat itu) berupa Banda Bapahek.

  Wassalam

  Abraham Ilyas

  Hambo Ciek <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Kok ado nan ingin mancaliak dan mambaco
prasasti-prasasti Melayu, kabanyakan dari Minangkabau
silakan caliak di
http://history.melayuonline.com/?a=TC9nSFUveVRteDdaM2dl=

Misanyo Prasasti-prasasti sekitar Batusangka, dan
Dharmashraya banyak tadaftar di sinan. Misanyo

Prasasti Kuburajo [seri I-VIII,lihat:
http://history.melayuonline.com/?a=bVB3L29QTS9VenVwRnRCb20%3D=

Salam,
--MakNgah

Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.