Saya lahir dan besar di kota Jakarta dan Jawa Barat. Orang tua saya asli
Silungkang.

Waktu saya kecil masih ada nenek, nenek bicara pake bahasa Silungkang totok
dan bahasa Indonesia sedikit sekali. Walaupun masih kecil, kita ngerti tapi
ga bisa ngomongnya.

Kalau kakak-kakak ibu, sepupu-sepupu ibu ke rumah pake Silungkang totok.
Orang tua, campuran bahasanya, tergantung suasana, samalah seperti Pak
Muhammad. Rata-rata kalau dipergunakan jika marah-marah pake bahasa
Silungkang totok. Pembicaraan biasa saja dengan bahasa campuran, pada
umumnya bahasa Indonesia dan Silungkang standar sedikit sekali. Jika ibu
bapak berbicara berdua saja menggunakan bahasa Silungkang totok,
anak-anaknya mendengarkan saja dengan sok cuek sambil nonton televisi.

Kalau ngumpul keluarga bapak, 100% semuanya pake bahasa Betawi dan
Indonesia, karena semuanya besar di Jakarta.

Jika berbicara dimuka publik (biasanya ditempat dagang) dan pembicaraan itu
dirahasiakan dan tidak bisa mengelak untuk berbicara saat itu, orang tua
berbicara dengan Silungkang totok ke anak-anaknya. Sayangnya, menurut saya
bahasa Sliungkang standar tidak bisa menjadi bahasa rahasia, karena banyak
sekali terdengar jelas artinya dan sama dengan bahasa Indonesia dan juga ada
beberapa kata-kata bahasa Siiungkang totok kita ga tahu artinya :D. Jadi kan
lucu, kalau kita tanya didepan publik padahal itu rahasia "Apa itu artinya
?" =))

Jika diajak menggunakan bahasa Silungkang standar, anak-anaknya jawabnya
pake bahasa Indonesia. Antara anak-anak (saya dengan adik-adik) menggunakan
bahasa campuran, yaitu bahasa Indonesia, Sunda, Betawi.

Kita tidak pernah diajarkan menulis bahasa Silungkang. Tapi sebagai anaknya,
kita dikasih tahu beberapa kata yang berbeda arti, pengucapan, penempatan
dengan bahasa minang umumnya. Jadi kita tidak kaget.

Jadi kesimpulannya, 90% pake bahasa Indonesia, 10% bahasa Silungkang
totok/standar.

auliahazza.34

--
http://auliahazza.com/
http://auliahazza.belajar-islam.com/

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.