Dek karano namo ambo disabuik Mak MM sebagai komentator atas posting Nanang
soal agamo Lukman Sardi, maka perlu diberikan jawaban sebagai penjernih
informasi.

Nanang:
Dulu kalau ndak salah pernah dibahas Lukman Sardi nan katonyo babini jo
urang non muslim dan. adolo nan mangexean inyo pindah akidah.

ANB:
Nan mangecek an LS pindah akidah adolah ayah beliau, (alm). Idris Sardi.
 Ado beberapa urang saksinyo.

Ini kejadian beberapa tahun lalu (sesudah film *Sang Pencerah* beredar pada
2010). Ambo diundang datang ke sebuah tempat (untuk urusan lain), tanyato
ado Pak IS dengan wajah karuah. Kawan nan punyo tampek babisiak ka ambo,
"Pak IS barusan curhat, marah dan sedih soal LS yang murtad."

Meski dengan kekecewaan seperti itu (tentu saja, siapa ayah yang tidak
kecewa?), beberapa pekan sebelumnya saat nonton bareng film *SP* di Planet
Hollywood XXI yang dihadiri Mensos yang juga tokoh PKS, Ust. Salim Segaf,
Pak Idris datang memberi support untuk LS yang pada film itu memerankan
Kiai Ahmad Dahlan). Bahkan pada acara itu hadir juga istri LS dan anaknya
(masih bayi) Akiva.

Dan saat heboh peristiwa itu sekitar 4 tahun silam, ada lagi faktor
pendukung berupa "dipanggilnya" Hanung (sutradara film SP) oleh Pak Din
Syamsuddin (sebagai Ketum PP Muhammadiyah). Isi pertemuan itu adalah
"pengadilan"  terhadap Hanung karena memilih LS sebagai pemeran Kiai Dahlan
yang membuat keluarga besar Muhammadiyah merasa "dibohongi" karena mereka
tak diberitahu sejak awal bahwa LS sudah pindah akidah.

(Bahkan ambo yang ikut riset SP ke Jogja, Desember 2009, untuk kebutuhan
novel, dan setelah itu ikut pula ke beberapa kota mempromosikan film SP itu
bersama Hanung-Zaskia dan LS, pada saat itu pun TIDAK TAHU kalau LS sudah
non-muslim). Baru setelah pulang promo ambo lihat di Twitter, Hanung sibuk
menjelaskan bahwa "orang non-muslim bisa saja berperan sebagai tokoh
Islam", contohnya aktor senior Anthony Quinn yang memerankan Hamzah (paman
Nabi Muhammad Saw) dalam film kondang "The Message" (1977) karya Moustapha
Akkad. Sebab, menurut Hanung, yang diperlukan adalah kekuatan akting dari
sang bintang, bukan apa agamanya. Dan saat itu tidak ada orang yang ribut
mengapa seorang tokoh non-muslim memerankan tokoh muslim sepenting Hamzah.

Peristiwa ketiga, saat itu ada sebuah biro perjalanan haji dan umroh yang
akan membuat semacam paket umum "Napak Tilas Sang Pencerah" (perjalanan
haji Kiai Dahlan). Biro haji dan umroh ini untuk menarik peminat umum,
menawarkan kepada kami (tim SP) 6 tiket gratis untuk: Hanung dan istri
(Zaskia), ambo dan istri (sebagai penulis novel SP) dan LS dan istri.  Jika
kami berenam bersedia ikut, paket napak tilas itu berjalan. Kami berempat
(Hanung, Zaskia, ambo dan istri) tentu saja bersedia. Umroh, gratis pula.
Tapi setelah beberapa saat (3-4 pekan kemudian), biro itu mengabari ambo
bahwa program napak tilas tak bisa dijalankan karena tak ada respon dari
LS. Biro perjalanan itu maunya sutradara, produser, pemeran utama dan
penulis novel SP ikut secara lengkap dalam umroh.

Jadi Nanang, untuk soal LS (pernah) pindah akidah, keluar dari Islam, itu
bukan fitnah atau kabar angin.

Mak MM:
Dusanak awak anak Rangkas (Banten) dek sari, dari Islam ka kapia, dari
kapia baliak pulo jadi mualaf Ramadhan ko (?). Barati doa Al Haj Idris
Sardi buek anaknyo ko didanga dek hati nurani Si Lukman.

ANB:
Pagi tadi ambo mengontak Pak Din Syamsuddin mananyoan kebenaran posting
Nanang soal tayangan MetroTV (dan LS yang terlihat sebagai muslim, "indak
sdg memerankan tokoh dalam film atau sinetron"). Jawaban DS, "Saya belum
tahu". Maksudnya, DS belum tahu apakah memang LS sudah kembali menjadi
muslim.

Tetapi jika memang sekiranya LS sudah kembali bersyahadat dan menjalankan
kewajibannya di bulan Ramadhan ini, alhamdulillah, meski ayah kandung
beliau Pak Idris Sardi tak bisa menyaksikan kembalinya "sang anak hilang".
Boleh jadi juga LS tergerak hatinya setelah ayahnya berpulang beberapa
pekan lalu, dan melihat begitu banyak pihak non-keluarga yang justru sangat
banyak membantu (salah satunya Fadli Zon yang ambo sangat tahu luar biasa
sekali pengorbanan dan dedikasinya untuk menghormati Idris Sardi, mulai
dari mengumpulkan karya beliau yang tercecer di mana, mencarikan dua murid
istimewa, remaja lelaki usia SMP-SMA, yang dijadikan murid khusus IS yang
selama ini tak pernah mau menerima murid, sampai membuatkan biografi dan
menerbitkannya sendiri dalam format luks untuk menghormati kiprah IS dalam
musik Indonesia, sehingga banyak acara yang berkaitan prosesi kematian IS
berlangsung di Rumah Budaya Fadli Zon di Cimanggis, Depok).

Wassalam,

ANB

** *