AslmWrWb

fitr

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/07/16/n8rzyk-ini-klarifikasi-quraish-shihab-soal-komentarnya-rasul-tidak-dijamin-masuk-surga

Ini Klarifikasi Quraish Shihab soal Komentarnya 'Rasul tidak Dijamin Masuk
Surga'
 Rabu, 16 Juli 2014, 06:01 WIB
 Komentar : 13

<http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/07/16/n8rzyk-ini-klarifikasi-quraish-shihab-soal-komentarnya-rasul-tidak-dijamin-masuk-surga#comments-list>
     Republika/Yasin Habibi
 [image: Pakar tafsir Alquran KH Quraish Shihab.]
 Pakar tafsir Alquran KH Quraish Shihab.
 A+
<http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/07/16/n8rzyk-ini-klarifikasi-quraish-shihab-soal-komentarnya-rasul-tidak-dijamin-masuk-surga#>
> [...]
A-
<http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/07/16/n8rzyk-ini-klarifikasi-quraish-shihab-soal-komentarnya-rasul-tidak-dijamin-masuk-surga#>

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tayangan *Tafsir Al-Misbah* yang dibawakan
Quraish Shihab di *Metro TV* pada Sabtu (12/7) menuai kontroversi. Itu
setelah pakar hadist terkemuka tersebut menyinggung bahwa Nabi Muhammad
Saw. tidak mendapat jaminan tempat di surga.

Terkait masalah kontroversi tersebut, Quraish Shihab memberikan klarifikasi
langsung melaui situs resminya pada Selasa (15/7) dalam judul *'Tentang
Tayangan Tafsir al-Mishbah 12 Juli 2014'*.

''Uraian tersebut dalam konteks penjelasan bahwa amal bukanlah sebab masuk
surga, walau saya sampaikan juga bahwa kita yakin bahwa Rasulullah akan
begini (masuk surga),'' kata Quraish Shihab dalam situs resminya
*quraishshihab.com*
<http://quraishshihab.com/tentang-tayangan-tafsir-al-mishbah-12-juli-2014/>.

Quraish Shihab mendasarkan penjelasannya pada hadist antara lain* “Tidak
seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya “Engkau pun
tidak?”, beliau menjawab “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah
kepadaku.”*

Quraish Shihab mengatakan hal tersebut karena amal baik bukan sebab masuk
surga tapi itu hak prerogatif Allah SWT. Uraian di atas, lanjutnya, bukan
berarti tidak ada jaminan dari Allah bahwa Rasul tidak masuk surga.

''Saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan
sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampai beliau
puas, yang kita pahami sebagai surga dan apapun yang beliau kehendaki. *Wa
la sawfa yu’thika rabbuka fa tharda*,'' katanya.

''Itu yang saya jelaskan tapi sebagian dipelintir, dikutip sepotong dan di
luar konteksnya. Silakan menyimak ulang penjelasan saya di episode
tersebut. Mudah-mudahan yang menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan
bukan bermaksud memfitnah,'' kata Quraish Shihab.