Ibnu Aqil D. Ghani

DI MINANGKABAU ADA USTAZ MURTAD MASUK KRISTEN
Dulu saya sulit percaya kalau ada orang Islam yang mau masuk Kristen. Apa
lagi dia dari Minangkabau. Kan dia belajar ngaji dan hafal kalimat
syahadat; bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah? Nggak
mungkin dong kalau ada orang Minang bisa masuk kristen ! Kristen itu
tuhannya tiga, tepatnya tiga di dalam satu yang disebut TRINITAS! Dan salah
satunya Yesus yang kita yakini sebagai Nabi ISA. Kan manusianya itu, bukan
Tuhan? Nggak mungkin dong !
Fakta berbicara lain. Jangan orang biasa 'Ustaz' saja ada yang masuk
Kristen. Begitulah !
Tersebutlah seorang pria (tulis saja AM). Dia berasal dari sebuah negeri
namanya S, menikah dengan seorang wanita (S) dari negeri K. Pria itu
disegani di kampung isterinya, karena dia dikenal 'alim, qari, pandai
membaca khutbah dan memberikan ceramah agama. Selain itu dia rajin bekerja.
Beberapa tahun yang lalu, sang Ustaz yang juga tukang rumah itu pindah ke
Medan. Cari hidup di sana. Rezki pun didapat. Tetapi, ada yang hilang;
aqidah. Dia pindah ke agama Kristen. Awalnya dia lama tak pulang ke rumah,
beberapa hari bahkan semingguan. Lantas, bagai petir di siang bolong; dia
katakan pada isterinya'; "Saya sudah masuk kristen".
Tentu isterinya kaget dan tidak diterima. Ujungnya mereka pun bercerai.
Sang isteri rela menjanda, membesarkan anak-anaknya sebagai orang tua
tunggal, asal akidah jangan terjual. Dan kini pun anak-anaknya sudah
dewasa. Alhamdulillah semua anaknya terselematkan, semua tetap di dalam
Islam.
Adapun sang mantan suami, tetap di sana dalam kekristenannya. Sesekali
lelaki itu pulang kampung. Mampir juga di kampung isterinya saat lebaran.
Pakaiannya yang dia pakai seperti pakian ustaz yakni berpeci. Tapi, dia
terus terang bahwa kini dia telah kristen. (Seperti diceritakan leh HB
seorang putra negeri K).
Aku jadi termenung sampai diujung malam. Begitu mudahkan seorang pindah
agama? Saya tanya sang informan, apa soal ekonomi atau kemiskinan? Tidak
juga katanya, kan banyak orang yang miskin dari dia.
Sebelumnya, yang aku tahu ada Akmal Sani orang Pangkalan. Dia masuk kristen
bahkan jadi pendeta. Kata kakaknya padaku; dulu Akmal sani pernah sekolah
di pesantren ternama di Padang Panjang, tapi tak sempat tamat. Ada lagi
Abdul Wadud adik seayah Buya Hamka. Ada lagi pendeta dari Lintau yang
berasal dari keluarga yang kuat agamanya. Lalu, aku berdoa : Selamatkanlah
ya Allah iman anak-anak dan cucu-cucuku. Amin !".