Uni Evy yang baik dan Duns Palanta RN yang berbahagia

Baik Ni Evy..ya mmg apa yang sampaikan itu berbentuk essay dan bercerita ya hehehe

Oke..jika ada waktu luang saya akan saya coba susun dan ringkas dalam bentuk PP atau paling tidak kerangka acuannya dulu...nanti saya ke Web RN akan kumpulkan lagi seperti tulisan atau gagasan Pak M N dan tanggapan yang lain.

Saya ( kita semua..mungkin) mengingin TTL ini berkekuatan hukum penuh artinya secara legalitas dilindungi oleh negara secara payung hukum.

Sesuai ilmu dan pengalaman saya lebih fokus atau banyak mengerti pada :

1. Bagaimana status areal dan atau kawasan TTL itu jika titik tsb dapat ditentukan..jika itu tanah negara apa kawasan hutan atau kawasan non kehutanan ini bisa diverifikasi ke instansi terkait baik pusat maupun daerah tentunya prosesnya secara formal juga. Jika kawasan tersebut dimiliki oleh seseorang atau badan hukum apakah itu SHM, HGU dll atau tanah ulayat sesuatu kaum (clan) yang dikuasai turun temurun sesuai adat Minangkabau bagaimana nanti melepaskannya ( tentu dalam hal ini ada proses yang cukup panjang dan cendrung cukup rumit jika kita menginginkan TTL ini kuat secara legalitas)

2. Jika bicara dari sisi tekhnis (batas batas adm geografis pemerintahan) ini tidak rumit itu cukup membuka segala peta teknis yang ada begitu juga dalam menentukan titik ikat untuk menuju dimana TTL itu..ya itu banyak tenaga ahli atau konsultan yang bisa kita gunakan‎ tenaganya untuk pekerjaan ini.

Nah saya sangat terbatas sekali wawasan atau ilmu sosial..budaya..antropologi  seputar ‎ adat budaya Minangkabau terutama dari sisi wilayah dimana yang dikatakan atau batas batas baik alam yang permanen, kearifan lokal atau tanda tanda yang disepakati oleh ninik ninik kita dulunya yang diakui dalam pembagian wilayah 3 luhak tersebut ( batas non geographis)...jika ada dunsanak ahli budaya Minangkabau mohon saya diberi pencerahan atau materi materi yang menyangkut sejarah serta batas wilayah ke 3 Luhak ini ( saya pikir disini "roh dan jiwa" TTL ini yang nantinya kira coba padu serasikan dengan batas batas adm geografis pemerintahan tentu disini ada kompromi untuk disepakati dan berkekuatan hukum).

Ya..kita sepakat hasilnya seperti yang di Amerika tsb..karena ide atau gagasan Pak M N itu beliau terinspirasi ketika betkunjung kesana dan saya (kita) yakin titik pertemuan 4 wilayah di Amerika tsb..penuh segala kajian dari berbagai aspek baik tekhnis dan non tekhnis dan muaranya titik pertemyan tersebut berkekuatan penuh dilindungi undang undang‎, peraturan yang dikongkritkan dalam sebuah Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Pemerintah terhadap titik pertemuan tsb serta kawasan dari titik tersebut dalam luasan tertentu yang dapat digunakan untuk berbagai fasilitas untuk parawisata budaya..pusat kebudayaan..dan lain sebagainya yang nantinya menyangkut Munangkabau.

Baik kesempatan pertama saya akan coba susun tentu ( maaf) ada keterbatasan karena ini saya pikir sendiri hehehe..kecuali jika kita berkumpul beberapa orang merumuskannya tentu bisa dalam bentuk PP yang lebih termetodoligy dan terukur dari beberapa aspek.

Terima kasih..mohon maaf jika sebelumnya ada bahasa "urang balai" saya gunakan..anggap saja sebagai pemicu untuk tersentak lagi atas ide TTL ini..biasalah itu gaya bahasa untuk "ngompori" bia gak paneh hati jo talingo saketek‎ dalam arti positif untuk ada niat bersama mewujudkannya hehehe

Terim‎a kasih

Wass-Jepe
@Sendawar Kubar

Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya dengan jaringan Telkomsel.