Pak Fitrianto,

Apakah situasi Indonesia dapat dipadankan dengan situasi Jepang?
Jepang mengalami deflasi berkepanjangan, sedangkan Indonesia mengalami
inflasi terus.

Masalah ekspor, Jepang sudah punya volume ekspor yang lebih tinggi dan
industrinya tidak banyak bergantung pada bahan baku dan alat impor.
Urutannya: perkuat industri dalam negeri, tingkatkan ekspor, barulah
mengarahkan nilai tukar ke tingkat yang menguntungkan. Namun, apakah
Abenomics benar menaikkan ekspor Jepang?

Bagaimana dengan Indonesia? Tempe, tahu, dan terigu saja masih banyak pakai
bahan baku impor, Pak. Kata Pak Menteri Pertanian konsumsi mie instan
meningkat, berarti kebutuhan impor naik pula.

Ada infografis menarik tentang hubungan nilai tukar dan ekspor

http://katadata.co.id/infografik/2015/03/05/rupiah-lemah-tak-pacu-ekspor

Kembali ke Jepang, apakah Abenomics berhasil?

http://m.ibtimes.com/japan-recession-2014-why-abenomics-isnt-working-1743270

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Abenomics#Results

Allahu a'lam.

Semoga keadaan negeri kita akan membaik. Aamiiin.

Wassalaam,
---
Ahmad Ridha
Pak Zaid.

Japang sajak PM Abe Shinzo ko, sangajo manurunkan nilai yen dari 80 yen per
dolar sajak 2011,  kini lah jadi 120.

Baa kok Inyo sangajo tu dan indak banyak nan maratok dgn yen turun, malah
eksportir bagadang hati?

Was salaam
Fitr
Lk/40/albany