Tarimokasieh Ddn. Ronald atas informasi tsb. Haasma

     Pada Sabtu, 2 Mei 2015 6:05, Akmal Nasery Basral <ak...@rantaunet.org>
menulis:

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pak Zorion,
Betul bahwa saat ini BS hanya pelengkap sistem keuangan di negara kita, baru
sekitar 5% dari bisnis perbankan nasional. Yang 95% masih dipegang bank
konvensional (BK). Tetapi seperti dalam jawaban saya untuk Pak Dunil Zaid,
terlihat ada pertumbuhan signifikan. Jika Desember 2007, pangsa BS baru 1,8 %
(BK 98,2 %), maka akhir tahun lalu pangsa BK mengecil menjadi 95% karena ada
kenaikan pangsa BS menjadi 5%. Tren ini akan terus naik karena bisnis keuangan
syariah global juga akan terus naik. Jika tahun lalu menembus USD 2 triliun,
tahun ini diprediksi bisa mencapai USD 2,5 triliun, yang imbasnya tentu juga
akan terjadi di Indonesia sebagai salah satu negara QISMUT (Qatar, Indonesia,
Saudi  Arabia, Malaysia, Uni Emirat Arab, Turki) selain Iran yang saat ini
memiliki pangsa pasar terbesar.
http://mysharing.co/2015-aset-keuangan-syariah-global-lampaui-25-triliun-dolar/

BS hanya merupakan salah satu instrumen dari Lembaga Keuangan Syariah (LKS),
selain asuransi syariah, reksadana syariah, dsb. Sementara sisi lain yang dari
keuangan syariah yang lebih memiliki bisnis riil adalah Lembaga Bisnis Syariah
(LKS) seperti hotel syariah, restoran halal, RS syariah, salon syariah
muslimah, MLM syariah, destinasi wisata syariah (di mana Sumbar termasuk 1 dari
9 provinsi tujuan wisata syariah yang ditetapkan Kemenparekraf tahun lalu).
Semua ini akan mendorong makin luasnya produk-produk BS digunakan sehingga
pangsa BS di Indonesia pun diprediksi akan melebihi 5%.
Apalagi kalau kita melihat pasar sukuk (Islamic bond) dunia yang kini mulai
banyak diterapkan oleh negara-negara non-muslim (negara bagian Saxony-Anhalt di
Jerman sudah memulainya pada 2004). Tahun lalu Inggris dan Luxemburg bersaing
untuk menjadi pusat keuangan syariah di Eropa. Di AS, bank kelima terbesar
Goldman Sach juga sudah menerbitkan sukuk perdana senilai US$ 500 juta pada
September 2014. Di Asia, Hongkong, Tokyo dan terakhir Seoul pada mid-2014 sudah
mengumumkan diri sebagai "international hub of Islamic economics in Asia".
Bayangkan! Mereka non-muslim tapi bersemangat sekali menjadi pemain utama
keuangan syariah dunia.
Awal April lalu selama dua pekan, para mahasiswa S1 kampus ambo (Tazkia
University College of Islamic Economics di Sentul City) mengadakan
kunjungan/study tour ke Manchester dan Glasgow melihat aktivitas perkuliah
ekonomi Islam di sana, yang semakin banyak diikuti mahasiswa non-muslim.
Ambo sendiri memperkirakan Islamic economics ini, bukan hanya BS, akan menjadi
"The Fourth Wave", setelah "Three Waves" sebelumnya yang disebutkan Alvin
Toffler menguasai dunia: era pertanian, era industri, dan era
informasi/digitalisasi. Arus keempat yang sedang terbentuk dan akan menjadi
arus utama dunia adalah ekonomi Islam. Bahkan Gereja Katolik melalui Paus
Benediktus secara terbuka menyatakan ekonomi Islam memiliki landasan moral yang
jauh lebih baik dari kapitalisme Barat, dan karena itu tak goyah terkena dampak
krisis 2008:
http://www.worldfinance.com/home/news/vatican-praises-ethical-sharia-banking

Arus ini akan kian membesar, terlepas apakah muslim Indonesia akan bersedia
ikut di dalamnya atau tidak.
Kalau muslim Indonesia setengah hati dalam mempraktikkan bank syariah, jangan
kaget jika 5-10 tahun lagi pusat keuangan syariah di Asia selain Malaysia,
bukan Indonesia melainkan Korea Selatan.
Padahal kalau kita menengok sejarah, apa yang diinisiasi HOS Tjokroaminoto
lewat Serikat Dagang Islam seabad silam adalah apa yang terjadi sekarang
melalui geliat keuangan syariah.
Gharar, riba dan maysir bukanlah -- meminjam istilah Pak Zorion -- sebagai
"keterbatasan prinsip" yang membuat BS tak berkembang. Justru ketiga hal itu
yang membuat usaha menjadi berkah, karena dalam ajaran Islam manusia bukan
hanya mengejar profit seperti dalam ekonomi konvensional, melainkan falah =
profit + berkah.
Kejayaan Islam kembali (ada yang menyebut "Hukum 7 Abad" yakni 7 abad pertama
Islam berjaya, 7 abad kedua mundur, dan 7 abad ketiga yang dimulai saat ini
kembali berjaya) menurut saya bukan datang dari khilafah, melainkan dari
menguatnya peran ekonomi Islam.
Wassalam,
ANB