Adat minang yang tak sesuai ABS SBK

Ada beberapa tingkah laku yang tampak dan diekspos besar-besaran seperti
orgen tunggal dan lewatnya waktu shalat saat mengadakan alek, perzinaan dsb
semuanya ini oleh beberapa pengamat,  baik dari luar maupun dari Minang
sendiri dijadikan

acuan umum untuk mengatakan adat minang itu tidak sesuai ABS SBK.

Memang untuk untuk beberapa hal pelaksanaan adat ini sudah terkontaminasi
budaya luar, diterapkan di ranah, tidak sesuai ABS SBK, ada memang, diakui,
diantaranya Orgen Tunggal di perhelatan orang minang saat ini.

Dalam adat minang seperti contoh kerusakan oleh  Orgen Tunggal yang merusak
adat ini,  termasuk adat yang mana yang dirusak dalam klasifikasi adat
minang, ini yang mungkin belum ada.

Maaf mungkin saya yang belum mengikuti.

Mungkin belum ada Daftar Inventarisasi Masalah (DIM ala DPR).

Dalam buku ABS SBK Gebu Minang dengan isi bagian satu sampai Sembilan,  masih
berupa tatanan kehidupan orang minang uang sudah, sedang dan akan dituju,
belum ditarik kedaerah kalasifikasi adat.

Seperti umum diketahui ada 4 tingkat  adat minang ‘(1. adat yang sabana
adat, 2. adat yang diadatkan, 3. adat nan teradat, 4. sopan santun)”

Adat minang itu sebenarnya ada akar, batang, dahan dan ranting.

Yang disebut pada angaka 1dan 2 adalah akar dan batang,angka 3 dan 4 adalah
dahan dan ranting.

Kalau tatanan yang ada dalam buku Gebu Minang itu sudah dibawa kedaerah
adat, diinventarisasi – diiklasifikasi, barulah kemudian bisa diketahui
ditingkatan mana adat ini yang sudah jauh melenceng dari  ABS-SBK. Sekarang
masih pernilaian umum saja, belum dengan data terinci.

Semuanya ini bisa ditata -diperbaiki sambil jalan setelah tatanan kehidupan
Minangkabau itu mendapatkan payung hukum Daerah Istimewa Minangkabau (DIM).

Bagi perantau yang memang sudah nyaman hidup dirantau baik yang masih ada
ikatan dengan ranah (masih ada bagian HPT nya) maupun tidak, rasa ke
minangannya akan tetap ada tergantung seberapa banyak bersentuhannya dengan
individu dan budaya minang. Kecintaan kepada leluhur itu akan tetap ada.
Apa yang dirumuskan untuk kebaikan Minang akan didukung seperti apa yang
dilakukan kawan-kawan kita  Tionghoa dengan Tiongkok sekarang ini.

Agak disayangkan  beberapa pengamat minang yang yang menegatifkan adat
minang dengan acuan klasifikasi yang belum jelas.

 Peringatan   Bom Waktu Minangkabau, oleh Bp Amir MS.

memang perlu kita waspadai dan ini sekali lagi bisa diperbaiki dengan DIM
sambil jalan.

Bagaimanapun banyaknya Perda tak akan mempan membenahi tatanan kehidupan
Minangkabau yang ABS SBK karena UU yang ada baru sekedar mengakui
keberadaan adat ini tapi tidak mengakui wewenangnya.

Wass,

Maturidi (L/77) Talang, Solok, Kutianyia, Duri Riau

Pada 23 Januari 2016 16.32, Fashridjal M. Noor <fashridjalmn...@gmail.com>