Untuk menjawab pertanyaan bung Jaya Suprana yang menyatakan sebagai berikut :
‎Mohon pencerahan eyang Jacky apakah kebijakan seperti itu tergolong
menghormati hak asasi manusia?

Sebelum menjawab pertanyaan bung Jaya,saya muat kembali berita yang menyatakan
sebagai berikut :
Rabu 27 Jan 2016, 03:43 WIB

Kepala Desa di Sidoarjo Tolak Kepulangan Eks Pengurus Gafatar
Suparno - detikNewsSidoarjo - Eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)
yang berasal dari  desa Kureksari Kecamatan Waru Sidoarjo yang menjadi salah
satu pengurus Gafatar tingkat Jawa Timur akan di tolak bila kembali ke desa
Kureksari Waru Sidoarjo Jawa Timur.

Penolakan terhadap eks pengurus Gafatar Jawa Timur asal desa Kureksari
Kecamatan Waru Sidoarjo tersebut di sampaikan oleh Trisnadi selaku Kepala Desa
saat melihat secara langsung kedatangan 78 eks anggota Gafatar gelombang kedua
asal Kabupaten Sidoarjo yang tiba di lokasi penampungan di Kantor Liponsos
Sidoarjo tadi malam sekitar pukul 23.40 WIB.

"Warga kami sepakat akan menolak salah satu anggota eks Gafatar asal desa
Kureksari Kecamatan Waru Sidoarjo yang menjadi pengurus tingkat Jawa Timur,"
Kata Trisnadi Kepala Desa Kureksari, Trisnadi, di desanya, Kecamatan Waru
Sidoarjo, Rabu, (27/01/2016).

Penolakan tersebut, kata dia, sudah disepakati oleh semua warga dan sudah di
musyawarahkan oleh perangkat desa beserta warga. Selain salah satu pengurus
itu, anggota eks Gafatar lainnya tetap akan di terima dengan senang hati.

(Baca juga: Mensos Berharap Eks Gafatar Diterima Masyarakat)

Trisnadi menjelaskan, sampai saat ini warga desa Kureksari yang penganut
Gafatar ada perkembangan jumlah, kurang lebih sekitar 30 orang baik dewasa
maupun anak-anak. "Kami dan perangkat desa beserta warga akan menerima dengan
baik asal mereka dilarang mempengaruhi masyarakat dan menyebarkan faham yang
mereka anut," jelasnya.

Sementara itu di Kantor Liponsos Kabupaten Sidoarjo malam ini kedatangan eks
anggota Gafatar gelombang kedua asal Kabupaten Sidoarjo sebanyak 22 kepala
keluarga 78 orang. Kedataangan mereka di jemput oleh Pemerintah Kabupaten
Sidoarjo dengan menggunakan dua bus dengaan pengawalan ketat oleh petugas
gabungan.

(Baca juga: MUI: Masyarakat Jangan Anarkis, Serahkan Masalah Gafatar ke
Pemerintah)

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Sidoarjo Ilhamuddin
mengatakan, "Malam ini eks anggota Gafatar asal Kabupaten Sidoarjo kelompok
kedua menempati tempat penampungan sementara di Kantor Liponsos sebanyak 22
kepala Keluarga totalnya 78 orang, ujarnya di lokasi penampungan.

Sebelumnya telah datang kelompok pertama sebanyak 16 orang, nanum mereka sudah
di kembalikan ke desanya masing-masing. "Untuk kelompok yang kedua ini kami
akan melakukan penataan ulang, kemudian diperiksa kesehatannya, setelah selesai
semua akan dilakukan pembinaan mental yang akan dilakukan oleh tokoh agama,
MUI, pihak Kepolisian dan pihak TNI," imbuh Ilhamuddin.

"Tahapan terahkir nanti akan kami kembalikan ke desa asal mereka, selain itu
untuk mencukupi kebutuhanya kami telah menyediakan fasilitas berupa tempat
tidur, tiga ruangan, serta kami menyediakan mobil MCK," kata Ilhamuddin.
http://news.detik.com/berita/3127939/kepala-desa-di-sidoarjo-tolak-kepulangan-eks-pengurus-gafatar
(dnu/dnu).
Dari berita tersebut diatas,tibul berbagai pertanyaan yang merupakan himpunan
pertanyaan,yang berhubungan dengan terjadinya proses "hijrah" dari warga
Sidoarjo ke Kalimantan Barat. Pertanyaan2 tersebut antara lain sebagai berikut
:1. Mengapa kepala Desa menolak kepulangan eks Pengurus Gafatar ?2. Adakah
konsekwensi sebagai akibat penolakan kepulangan eks Pengurus Gafatar ?3.
Siapakah yang berwenang merobah keputusan Kepala Desa Kureksari Kecamatan Waru
Sidoarjo,yang menolak kepulangan eks Pengurus Gafatar ?4. Bagaimanakah dengan
nasib tanaman penduduk Kureksari,yang ditinggal di Kalimantan Barat.Apakah ada
semacam ganti rugi yang dilakukan oleh siapa kepada siapa ?5. Siapakah yang
menganjurkan kepada warga desa Kureksari untuk melakukan "Bedol Desa",dan
"ber-exodus" warga desa Ngureksari ke Kalimantan Barat ?6. Motifasi apakah
gerangan yang didapat oleh warga Kureksari,sehingga mereka bersedia  melakukan
"transmigrasi spontan" ke Kalimantan Barat ?7. Apakah dalam transmigrasi
spontan ini,telah terjadi pelanggaran terhadap hukum positif ?
Pertanyaan bung Jaya saya jawab dengan saran :Perlu diadakan semacam
saresehan,yang diselenggarakan oleh lembaga "Kelirumologi",yang dipimpin oleh
bung Jaya Suprana,untuk mencari solusi yang berupa "saran tindak",baik kepada
aparat pemerintah di daerah maupun di pusat.
Wassalaam,Jacky Mardono (82).