*Jokowi Dijadwalkan Jadi Irup HBN*

Selasa,13 Desember 2016 - 02:16:53 wib | Dibaca: *397* kali

*PADANG, HA­LUAN *— Pre­si­den Joko Wi­do­do di­jad­wal­kan menjadi
ins­pek­tur upa­cara (Ir­up)  Peringatan Hari Bela Ne­gara (HBN) yang
di­pu­satkan di lapangan Imam Bonjol, Kota Padang,  19 Desember 2017
mendatang. Kehadiran Presiden RI ke­tujuh di HBN ini diharapkan bisa
mempercepat ke­lanju­tan pembangunan mo­nu­ment Bela Negara yang saat ini
sedang terlantar di Koto Tinggi, Kabupaten Lima­puluh Kota.

“Jika tidak ada alang me­lintang, pelaksanaan upa­ca­ra Hari Bela Negara di
Lapangan Imam Bonjol, Padang akan dipimpin oleh Presiden Jo­kowi. Ini
pertama kalinya HBN dilaksanakan di tanah kela­hiran PDRI,” kata Ketua DHD
45 Sumbar, Zulwadi Dt. Ba­gindo Kali kepada *Haluan*, Jumat (9/12) lalu.

Informasi Presiden Joko Wi­dodo yang akan menjadi Ins­pe­k­tur Upacara
dalam peringatan Hari Bela Negara nanti didapat dari hasil rapat persiapan
peringatan HBN di Kantor Gubernur, Kamis (8/12). Kabar ini disambut
gem­bira oleh seluruh lembaga pejuang yang ada di Sumatera Barat karena
memperkuat pengakuan negara terhadap PDRI dan peluang untuk melanjutkan
pembangunan Mo­nu­men Bela Negara yang sedang terbengkalai.

“Seluruh pejuang yang masih hidup sangat senang dengan informasi ini. Bukti
bahwa PDRI semakin diakui oleh negara dan menjadi peluang untuk
me­lan­jut­kan monument Bela Negara. Se­moga apa yang telah di­rencanakan
berjalan dengan baik sampai hari H,” kata Zulwadi.

Sebelumnya, pengakuan ne­gara terhadap PDRI hanya dinya­ta­kan dalam Kepres
No 28 tahun 2006 dengan menetapkan hari lahir PDRI tanggal 19 Desember
sebagai Hari Bela Negara. Kendati presiden ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono
(SBY)menetapkan HBN sejak tanggal 2006, pe­ringa­tan HBN secara nasional
baru terlaksana pada 19 Desember 2014 di Jakarta.

Namun, dalam agenda Pre­siden Jokowi di Sumatera Barat pada peringatan HBN,
tidak ada kunjungan ke Monumen Bela Negara. DHD 45 Sumbar be­ren­cana
mendesak protokoler untuk menjadwalkan peninjauan Mo­numen Bela Negara di
Koto Ting­gi, Kabupaten 50 Kota.

“Jelang tanggal 19 Desember, kami mencoba berkomunikasi dengan protokol
untuk men­jad­walkan presiden Jokowi ke Mo­nu­men Bela Negara di Koto
Ting­gi, Kabupaten 50 Kota. Pem­bangu­nan monument ini terhenti karena
tidak ada biaya setelah dibuka oleh mantan Presiden SBY tahun 2014,”
katanya.

Ia juga mengatakan selama pembangunan monument ter­henti, masyarakat di
lokasi basis perjuangan PDRI serta veteran Sumbar kecewa. Mereka merasa
pemerintah tidak menghargai perjuangan berat dan kesetiaan PDRI untuk
menyambung nyawa republik ini.

“Jika Jokowi bisa meninjau ke lokasi monumen, kekecewaan itu bisa sedikit
terobati,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten 50 Kota, Ferizal Ridwal mengatakan dirinya telah
menulis surat kepada Presiden Jokowi untuk me­nurun­kan biaya kelanjutan
pem­bangu­nan monumen. Dengan mo­men­tum ini, sangat diharapkan orang no 1
di Indonesia ini bisa me­ninjau langsung ke lokasi monumen.

“Harapan masyarakat Kabu­paten 50 Kota, Presiden Jokowi datang meninjau
langsung ke lokasi monumen. Soalnya, di sini PDRI dilahirkan dan banyak
pribumi yang berjuang. Semoga presiden terketuk hatinya untuk mengucurkan
dana,” kata Ferizal. (*h/mg-ang*)