KESEMPATAN
  Oleh : K Suheimi

  Suatu ceritra yang menggelitik dan jadi bahan renungan adalah sewaktu saya
mendengar Radio Classy dengan judul Jangkrik dan uang logam.

  Ceritra ini di olah oleh Yanti, dia rajin, sebulan yang lalu kebetulan
melahirkan di Rs Bunda. Dan saya minta izin untuk ini disampaikan pada pembaca
saya, semoga ada hikmah dan manfaatnya, selamat menikmati.

  Suatu ketika , seorang dosen yang terkenal dengan sifat bijaknya , meminta
mahasiswanya untuk mengambil setumpuk potongan kertas yang ada di mejanya. Satu
mahasiswa hanya boleh mengambil satu buah potongan kertas.

  Seketika itu pun , ruangan kelas yang tadinya tenang tiba-tiba sedikit ricuh
, para mahasiswa itu pun mengambil potongan kertas. ada diantara mereka serius
berjalan ke depan mengambil potongan kertas itu , ada yang mengomel "iiih..
kitakan mau belajar tentang ilmu marketing , kok disuruh ngambil kertas ini
sih" , ada yang minta tolong temannya untuk mengambil , dan bahkan ada yang
tidak mau mengambilnya sama sekali.

  Setelah persediaan kertas di meja sang dosen habis , kembali ia mengambil
kendali , dan berkata

  "Ok... sekarang kalian telah mendapatkan satu potong kertas , Nah.. apakah
ada yang diantara kalian yang tidak mendapat bagian kertas ?? ,

  beberapa mahasiswa itupun mengangkat tangan , tentu saja yang tidak maju ke
depan merupakan salah seorang diantara mereka .

  dosen itupun berkata ,
  "memang.. , kertas yang saya sediakan itu tidak sebanyak jumlah kalian yang
berada di ruangan ini , dan bentuk serta ukurannyapun tidak sama satu sama
lain.

  sambil mengeluarkan sesuatu , dosen itupun melanjutkan kalimatnya ,
  Beberapa waktu yang lalu , ketika berjalan-jalan ke New York, saya membeli
sebuah gantungan kunci yang cantik , dan karena mengandung campuran emas tentu
saja harganya sedikit mahal. dan kali ini saya ingin memberikannya kepada
kalian , tapi sayangnya ... saya hanya punya satu , karena itu saya akan
berikan kepada orang yang pertama mengambil kertas yang saya sediakan tadi".

  Sambil menyerahkan gantungan kunci yang berwarna keemasan itu kepada salah
seorang mahasiswa , dosen itu berkata ,

  "Apa yang baru saja kita lakukan ini adalah tentang kesempatan. artinya ..
ketika sebuah kesempatan itu ada , tidak semua orang mau bergegas mengambilnya
, sehingga ada yang tidak kebagian , bahkan ada yang minta tolong orang lain ,
atau tidak mau mengambilnya sama sekali. padahal ketika sebuah kesempatan
datang , ada hal-hal tertentu yang bisa kita dapatkan , yang mungkin kita tidak
tahu sebelum kesempatan itu berlalu begitu saja.,
  Untuk itu saya teringat akan sebuah Firman suci_Nya dalam Al_Qur'an;
  Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim
permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi.
(QS. 30:57)
  Yang demikian itu, karena sesungguhnya kamu menjadikan ayat-ayat Allah
sebagai olok-olokan dan kamu telah ditipu oleh kehidupan dunia, maka pada hari
ini mereka tidak dikeluarkan dari neraka dan tidak pula mereka diberi
kesempatan untuk bertaubat. (QS. 45:35)

  Padang   10 April 2008

  Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

http://mail.yahoo.com
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.