Buku Telpon

  Suatu ketika di ruang kelas sekolah menengah / terlihat suatu percakapan yang
  Menarik // Seorang guru / dengan buku di tangan  / tampak menanyakan sesuatu
kepada murid-muridnya di depan kelas//

  "Anak-anak / kita sudah hampir memasuki saat-saat terakhir bersekolah di
  sini // Setelah 3 tahun / pencapaian terbesar apa yang membuatmu bahagia?
  Adakah hal-hal besar yang kalian peroleh selama ini?"

  Seorang murid langsung berdiri dan berkata /
  Pak Guru ... Seminggu yang lalu  adalah masa yang sangat besar buatku//
Orangtuaku / baru saja membelikan sebuah motor / persis seperti yang aku
impikan selama ini"//

  Sang guru tersenyum / Tangannya menunjuk beberapa murid lainnya//

  Maka /terdengarlah beragam cerita dari murid-murid yang hadir // Ada anak
yang baru saja mendapatkan sebuah mobil// Ada pula yang baru dapat melewatkan
liburan di luar negeri//

  Semuanya bercerita tentang hal-hal besar yang mereka temui dan mereka
  Dapatkan// Hampir semua telah bicara / hingga terdengar suara dari arah
  Belakang// "Pak Guru..Pak, aku belum bercerita"//

  Rupanya / ada seorang anak di pojok kanan yang luput dipanggil// Matanya
  Berbinar / mata yang sama seperti saat anak-anak lainnya bercerita tentang
  kisah besar yang mereka punya//

  "Maaf / silahkan ceritakan hal terbesar apa yang telah kamu dapatkan "/ ujar
Pak Guru kepada murid berambut lurus itu//

  "Keberhasilan terbesar buatku / dan juga buat keluargaku adalah..saat nama
  keluarga kami tercantum dalam buku telpon yang baru terbit 3 hari yang
  lalu"//

  Mendengar hal itu / sesaat ruangan senyap// tapi sedetik kemudian / terdengar
tawa-tawa kecil yang memenuhi ruangan kelas itu // Ada yang tersenyum simpul /
terkikik-kikik/ bahkan tertawa terbahak mendengar cerita itu//

  "Ya...  Memang itulah kebahagiaan terbesar yang pernah aku dapatkan// Dulu /
Ayahku bukanlah orang baik-baik// Karenanya / kami sering berpindah-pindah
rumah// Kami tak pernah menetap/ karena selalu merasa di kejar polisi"//

  "Tapi, kini Ayah telah berubah /  Dia telah menjadi Ayah yang baik buat
keluargaku// Sayang / semua itu butuh waktu dan usaha// Tak pernah ada Bank dan
Yayasan yang mau memberikan pinjaman modal buat bekerja" //

  "Hingga setahun lalu / ada seseorang yang rela meminjamkan modal buat
Ayahku// Dan kini/ Ayah berhasil / bukan hanya itu / Ayah juga membeli sebuah
rumah kecil buat kami// Dan kami tak perlu berpindah-pindah lagi"// Tahukah
kalian / apa artinya kalau nama keluargamu ada di buku telpon? / Itu artinya/
aku tak perlu lagi merasa takut setiap malam dibangunkan ayah untuk terus
berlari// Itu artinya/ aku tak perlu lagi kehilangan teman-teman yang aku
sayangi// Itu juga berarti / aku tak harus tidur setiap malam di dalam mobil
yang dingin// Dan itu artinya / aku / dan juga keluargaku/ adalah sama
derajatnya dengan keluarga-keluarga lainnya"//

  Matanya kembali menerawang/ Ada bulir bening yang mengalir// "Itu artinya,
  akan ada harapan-harapan baru yang aku dapatkan nanti..."//

  Suasana kelas terdiam / Pak Guru tersenyum haru// Murid-murid tertunduk//
  Mereka baru saja menyaksikan sebuah fragmen tentang kehidupan/ Mereka juga
  baru saja mendapatkan hikmah tentang pencapaian besar/ dan kebahagiaan//
Mereka juga belajar satu hal / "Bersyukurlah dan berbesar hatilah setiap
  kali mendengar keberhasilan orang lain// Sekecil apapun/ Sebesar apapun////

  ,Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.