TAHUN-TAHUN SIA-SIA
  Oleh : K Suheimi

  Suatu ceritra yang menggelitik dan jadi bahan renungan adalah sewaktu saya
mendengar Radio Classy dengan judul Jangkrik dan uang logam.

  Ceritra ini di olah oleh Yanti, dia rajin, Dan saya minta izin untuk ini
disampaikan pada pembaca saya, semoga ada hikmah dan manfaatnya, selamat
menikmati.

  Pada suatu hari , tibalah seorang bijak ke tepi sebuah sungai , dimana di
pinggir sungai tersebut tinggal seorang guru yang bisa berjalan di atas air.
Banyak orang yang berziarah ke sana untuk mendengar ajaran dari guru tersebut.

  Setelah bertegur sapa , Sang bijak bertanya kepada guru tersebut ,
  "Berapa lama engkau berlatih hingga mampu berjalan di atas air?"

  Dengan bangga si guru itu menjelaskan metode yang dipelajarinya selama 25
tahun , bahkan dia harus berlatih keras selama berjam-jam setiap harinya.

  Mendengar penjelasan itu , sang bijak berakata
  "kalau begitu , engkau bukanlah oran gyang hebat , bahkan engkau adalah orang
yang sangat malang di dunia ini"

  dengan sedikit tersinggung , si guru itupun bertanya
  "hai orang bijak... atas dasar apa engkau berkata seperti itu?. tidakkah
engkau lihat begitu banyak orang-orang yang datang kesini meminta ajaranku, dan
rata-rata mereka sangat mengagumi keahlianku ketika berjalan di atas air. aku
yakin... engkau sendiri pasti tak bisa melakukan hal itu bukan ??

  oooh... bagiku bukanlah suatu kehebatan , karena engkau berkorban begitu
banyak supaya dapat berjalan di atas air. Pernahkah engkau bayangkan betapa
banyak perbuatan baik yang dapat engkau lakukan dalam 25 tahun , daripada
menghabiskan waktu untuk mempelajari sesuatu yang dapat dilakukan setiap orang
dengan sebuah perahu?". Jawab sang bijak sambil tersenyum penuh makna.

  mendengar jawaban itu , si guru yang mengaku hebat hanya bisa diam dan
tertunduk.

  classy people , banyak orang yang selalu melibatkan diri dalam melakukan
hal-hal yang tidak bermanfaat , alih-alih menggunakan waktu yang tak akan
pernah kembali untuk banyak hal lain yang lebih bermanfaat. Cerita ini bukan
sekadar dongeng , bukan tidak mungkin pula kita melakukan hal yang sama dalam
keseharian kita tanpa kita sadari. karena itu , pastikan orientasi dan perilaku
kita berada dalam arah yang benar.,

  Untuk itu saya teringat akan sebuah Firman suci_Nya dalam Al_Qur'an;
  Tunjukilah kami jalan yang lurus, (QS. 1:6)
  (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka;
bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
(QS. 1:7)

  Padang  14 Mai 2008

  ,Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

melalui jalur pribadi
dibanned
- Hindari penggunaan reply utk topik/subjek baru