PASTI PAS di SPBU BYPASS
  Oleh : K Suheimi

  Saya tersentak, akhirnya yang   saya cita-citakan kesampaian.  Spbu di jl By
pas B Tinggi yang  dibangun sejak 7 tahun yang  lalu  hari ini dapat sertifikat
Pasti Pas  oleh Pertamina pusat.Setelah dilakukan ujian dan penilaian beberapa
kali  dan setelah fisik, meteran, alat-alat,  kebersihan dan  prilaku petuga,
keseragaman  dan banyak lagi penilaian2 yang  di berikan  oleh Pertamina.
akhirnya  satu persatu dapat dilewati  dan lulus
  Dengan perjuangan yang  tak mudah dari management dan karyawan akhirnya
Lambang Pasti pas itu  kami dapatkan.Pasti pas   ya pas ukuran dan takarannya
kalau yang  membeli bbm 10 liter dia pasti dapatkan 10 liter:    bahkan saya
lihat di pompa 3 dan 4  teranya sering berlebih  0,2  sampai 0,3... ndak
apa-apa kata saya pada karyawan,kerna kita sudah punya niat,  pas untuk
pelanggan.  pas uang kembalinya juga harus pas.. kebersihannya  juga harus pas
sesuai selera pelanggan.
  Untuk itulah spbu di jalan by pass B Tinggi  berbenah.. fisik dan penampilan
sesuai dengan mode terakhir yg di minta pertamina,  toilet dan mushallanya juga
rapi..  cervis stationnya  juga  harus punya air bersih dan mengalir.. pakai
shampoo yang  bagus  dan pakai cat  ban, sehingga  sesudah sebuah mobil di cuci
dia kelihatan seperti mobil baru,, Dengan cara demikian  maka banyak pelanggan
yang  mengantarkan mobilnya untuk di serVis di spbu ini. Untuk  mebantu
pelanggan  disediakan  tambah angin dan  air gratis  , sehingga sopir  sambil
istirahat bisa mmebenahi mobilnya  disedian juga air minum gratis  bagi
sopir-sopir yang  sudah jauh berjalan.
  Saya pandang spbu yang  luas pekaranagnnya ini dan fisik yang  bagus sesuai
model terakhir yang  dianjurkan pertamina, dan petugas yang  ramah,  walaupun
panjang yang  antrian  mereka tetap saja senyum  sambil berkata,  "kita mulai
dari nol ya pak?", katanya sambil membuka tempat bbm  mobil itu
  Spbu saya dipilih untuk  Pertamina Way , Pertamina Way  adalah perubahan yang
 dilakukan pertamina untuk  berjalan lebih lurus lebih benar, pasti pas.  Pas
dalam ukuran  pas dalam pelayanan dan pas dalam kebersihan dan keindahan, pas
dalam kesopanan, untuk itu petugas-petugas spbu telah menjalani pelatihan di
hotel Gand Malindo B Tinggi .
  Luar biasa kata Deni yang  mengikuti pelatihan: yang  melatih kami itu dari
Jakarta   betul-betul  pandai dalam membawakan materi dan pelatihan. Tampak
benar Pertamina Way  mau benar-benar berubah  memperbaiki citra.
  "Senyum sapa dan salam harus kami lakukan setiap kali pelanggan dating" kata
Deni,setiap ada kesempatan harus berikan informasi, lihatkan bahwa   meteran
menunjukkan 0. dipundi-pundi  harus ada wang recehan untuk  dikembalikan
sewaktu uang pelanggan berlebih  walaupun  Rp.100.
  Mulai hari ini spbu di jln by pass BTinggi , harus menjual bbm sesuai dengan
takaran tak boleh dikurangi sedikitpun, maka teranya harus di titik 0, artinya
kalau  pembeli meminta 10 liter, betul-betul 10 liter yang  di berikan.
  Pertamina Way  berubah dan mulai hari ini perubahan itu kami jalankan,
konsumen tak boleh dikurangi. jika ada uangnya berlebih harus dikembalikan.
  Hati saya menjadi lega, mudah-mudahan dengan  sedikit utung dan pelanggan
tidak rugi serta merasa puas, maka hati ini akan senang.
  Dari awal kami berbenah diri   kebersihan tempat, kerapian sampai ke toilet,
dan kebershan hati serta kebersihan bbm yang  dicurahkan  dengan  kualitas
tinggi, tak ada yang  tercampur dengan  ukuran yang  benar.
  Saya patuhui Pertamina Way , saya jalankan semua dan saya kumpulkan petugas
agar semuanya jujur dalam melangkah.  kepuasan kita teletak pada kepuasan
pelanggan kita.
  Saya tatap spbu di jl by pass BTinggi  ini . saya nersyukur atas kepercayaan
petamina dan kepercayaan masyarakat pada spbu ini saya hadiahkan sebuah pantun
utk karyawan spbu by pass sebagai berikut

  Pertamina way bypass pasti pas
  Takaran dan layanannya
  Kita  bukan hanya sekedar bekerja
  Tapi  mengapai jalan menuju sorga Nya

  Saya sambut uluran tangan petamna yang  membina spbu by pass B tinggi ini
menjadi pertamina way.

  Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman suciNya dalam Al Qur'an ;

  Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai
untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah
seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah
penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka
hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa
yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah Rabbnya, dan
janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu
orang yang lemah akalnya atau lemah (keadannya) atau dia sendiri tidak mampu
mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan
persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu).
Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh seorang lelaki dan dua orang
perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka
seorang lagi mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi
keterangan)
 apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik
kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih
adil di sisi Allah dan lebih dapat menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada
tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika
mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tak ada
dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu
berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit-menyulitkan. Jika
kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan
pada dirimu. Dan bertaqwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha
Mengetahui segala sesuatu. (QS. 2:282)

  B Tinggi  20 Mai 2008

  ,Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

melalui jalur pribadi
dibanned