Alaikumsalam ww
Pak Adyan, memang ini proses dan perlu waktu untuk itu. Kalau pasar belum
terbentuk, kita tidak bisa juga menyalahkan pengrajin yang 'belum' mau merubah
paradigmanya. Mereka khawatirlah kalau hanya utk menyalurkan obsesi2 kita
begitu saja. Skl lagi ini harus top down... Nan diateh harus manunjuakkan dan
memberikan contoh dulu, sehingga baru pengrajin berani utk berproduksi massal
nantinya. Para Pejabat kita harus berani mulai memakainya diacara-acara resmi.
Apa perlu Bill Gates kita undang juga ke Sumbar lalu kita minta dia pakai Batik
Tanah Liat kita..? Atau tenunan kita..?
Tentang sekolah ini, kalau bukan krn Bu JK belum tentu juga akan jadi. Tanggal
peresmiannya belum ditetapkan, menunggu konfirmasi waktu dari Ibu JK. Sayang
kalau dunsanak di Pandai Sikek indak bisa memanfaatkan ilmu Uni Atitje ini.
Untungnya beliau bukan pebisnis dan sudah kaya dari jaman Bld dulu (dirumahnya
entah berapa puluh koleksi2 kain tua yg berharga puluhan bahkan ratusan juta
rupiah). Kalau enggak, mungkin sudah mundur dari jauh-jauh hari utk urusan
ini. Kenapa...? Isu standard lagi lah seperti yang sudah berbusa-busa kita
bahas disini. Rendahnya respon dan dukungan dari Pemda di Ranah. Mereka
bergerak mendukung stlh itu positif berstatus Proyek...! (msh panjang
terusannya, tp off the record...).
Ada satu poin lg yang membuat ambo agak malu hati. Kita boleh setuju boleh
tidak, boleh suka boleh tidak (demokrasi kan...?) thd pernyataan beliau ini:
"Kalau orang yang memang mengerti adat dan budaya daerahnya, biasanya dia akan
tunjukkan jadi dirinya dg identitas2 yg terkait dg adat dan budaya daerahnya
tsb...". Tambah beliau lagi: "Saya heran, kenapa Pejabat-pejabat kita di Sumbar
selalu bangga memakai Batik Jawa? Bukannya pakai Taluak Balango, Tenun Pandai
Sikek atau Silungkang...? Apa mereka pada gak percaya diri untuk itu...? Apa
tidak ada disainer di Sumbar yang bisa dipercaya...? Identitas daerah kita
bukan dg Batik Jawa, bukan dengan Baju Jas Berdasi...".

Onde mandeee...., Uni ko kareh bana mah... Setidaknya utk ambo barek ko mah
konsekuensinyo... Masalahnya, krn alun banyak nan versi harga murahnyo. Krn
alun ado nan mamulai dan memasyarakatkannyo. Sehingga belum bisa diproduksi
massal sehingga harganya jadi murah. Jadi kito tunggu Ayam dulu atau Talua
dulu...?
Nampaknyo mungkin alah paralu kito mulai manabuang utk mambali baju kampuang
kito sendiri. Jadi kalau 3 atau 6 bulan kamuko ambo alah mulai pakai Taluak
Balango atau Baju Minang ke acara2 tertentu, jan takajuik ndak? Apolagi kalau
Arsitek kito nan biasonyo babaju lurik Jawa kemana-mana, sabanta lai alah
baganti pulo ka baju khas Minang. Kalau indak, tantu inyo malu pulo nanti
basorak-sorak ttg memajukan Sumbar, tetapi indak tampak identitas kampuang nan
inyo dorong itu. Bisa2 nanti terkesan kurang menghayati. Jangan2 nanti disain
rumah Jawa pulo nan kalua di Sumbar tu he..he... Sorry Nang, cuman
himbauan...;))
Dari bbrp kali cc email yg ambo tarimo dr lingkungan Pengurus GM, jangan2 Gebu
Minang yang akan lebih duluan bergerak nih utk mensosialisasikan berpakaian
Tenun Minang atau Batik Tanah Liat, Songket, dsjnya ini. Berikutnya, organisasi
mana lagi nih YANG BERANI ambil posisi utk memasyarakatkan IDENTITAS daerah
kita ini...? Rasanya rombongan Pulang Basamo 2008 Ajo Duta, pasti tertarik
untuk ini. Walaupun baru kulitnya yg kita dorong, tak apalah, dari pada tidak
sama sekali... Anggap aja, baru itu yang bisa kita lakukan. Yg penting kita
dukung pengrajin kita, sesuai kemampuan kita masing-masing...! Tidak perlu
menunggu SK Gubernur dulu utk ini...
Mohon maaf sebelumnya. Semoga berkenan. Terima kasih.
Wassalam,
Nofrins
"4 R 5 L B"