> Dan imam yang tidak 'adil itu, tiadalah kelazatannya, melainkan sebentar
> di dunia dan berapa lama dapat azab akhirat dan berkawan ia dengan
> syaithan"**

 Assalaamu'alaikum. w.w.

 .... kita sambung yang kemaren agak sedikit...

 **"Dan terjadi pada suatu masa, mengutus ia akan seorang sahabat rasulullah
 memimpin tentara pergi perang ke negeri Syam, maka sudahlah mereka itu naik
 ke atas gunung, dan seteru sudah datang beberapa banyak melawannya, maka
saidina 'Umar dapat tahu akan tentara itu dengan pengetahuannya sebagai
 wali, padahal ia dalam negeri Madinah, maka katanya "yaa saariyah", padahal
 saariyah tadi di atas gunung berpuluh-puluh hari perjalanan jauh dari
 Madinah, sudahlah di dengarnya seruan saidina 'Umar, "jangan turun, jangan
 engkau turun dari gunung". Maka menghantam mereka akan seterunya dari atas
 gunung hingga menang mereka pada peperangan dan kalah segala kafir.
 Demikianlah imam yang 'adil itu dapat menghukum tanah, air api dan angin.
 Dan imam yang tidak 'adil itu, tiadalah kelazatannya, melainkan sebentar di
 dunia dan berapa lama dapat azab akhirat dan berkawan ia dengan syaithan"**

    Dalam kisah ini saidina 'Umar menyuruh tentara pergi berperang. Tentara
 ini,. satu "ghazwah", satu lagi "saariyah". Ghazwah ini peperangan yang
Nabi
 saw, ada bersama mereka. Saariyah adalah peperangan yang Nabi tidak ada
 lagi,.. sudah wafat. Zaman 'Umar disebut saariyah, peperangan yang tak
 diiringi rasulullah. Ketika itu tentara Islam sudah pergi ke Syam. 'Umar
 berkata "jangan turun". Orang mendengar apa yang dikatakan saidina 'Umar,
 "jangan turun",.... Menang mereka. Begitu kehebatan 'Umar, dapat mengirim
 suara dari jauh. Artinya dikatakan bahwa begitulah hebatnya imam yang 'adil
 itu, api mendengar, air mendengar, angin mendengar, tanah mendengar apa
 perintahnya. Karena dalam hadits qudsi Allah swt. berfirman "Wahai bumi,
 berkhadamlah kepada orang yang berkhidmat karena Aku". Artinya kalau kita
 bekerja karena Allah, bumi akan berkhidmat kepada kita. Kalau kita bekerja
 karena bumi, bumi tidak mempedulikan kita..... Begitu. Dalam komentarnya
buku ini dikatakan bahwa orang-orang yang 'adil itu akan merasakan
kenikmatan
 kepemimpinannya dan orang yang zhalim itu akan merasa nikmat sebentar di
dunia ini saja dan di hari akhirat nanti akan disiksa oleh Allah swt.

 **"Dan orang yang zhalim itu berkawan dengan syaithan, sebagaimana sabda
 Nabi saw.
 "Maka apabila zhalim imam dan qadhi itu, lepas ia dari pertolongan Allah
dan
 pemerliharaan-Nya dan tiada renggang ia dengan syaithan"**

 Artinya orang yang zhalim itu nanti terus menerus bersahabat, berkawan
 dengan syaithan.

 Itulah dia tuan-tuan, keterangan mengenai  imam atau pemerintah yang 'adil.
Gimana agak-agak ?. Tidak ingin kita mempunyai pemerintah yang 'adil model
 begini. Kalau tiba di diri sendiri, tidakkan ingin kita menjadi seorang
 pemimpin yang 'adil, mulai dari tingkat paling rendah, sebagai ketua RT,
RK,
 RW, wali jorong, lurah, kepala desa, camat, bupati, gubernur, menteri dan
 sebaginya sampai kepada Kepala Negara ? di satu garis, mulai dari Kepala
 Negara, menteri, Rektor, Dekan sampai ketua Jurusan di garis yang lain ?.

 ... eh..lah panjang pula ..... beresok kita sambung....

Wabillahil hidayah wat taufiq
Wassalam

Padang, Juli 2008
Lab. Perancangan dan Konstruksi Mesin