Sewaktu saya remaja, musik dangdut ini masih dianggap musik
     kampungan, seingat saya musik ini menjadi populer dan masuk layar
     televisi ketika ulang tahun TVRI yang dibawakan oleh para
     mahasiswa yang bergabung dalam gruop Warkop dan  PSP (Pancaran
     Sinar Petromak) semenjak itu musik ini mulai naik daun.

     Sekarang musik ini mendominasi hiburan masyarakat, dikampung saya
     yang  letaknya  dipelosokpun  bila  hendak membuat keramaian yang
     diadakan  adalah  pertujukan  organ tunggal dan lebih meriah bila
     yang dimainkan musik dangdut. Sholawat dulang, rabab, dan saluang
     tinggal  menjadi  kenangana  saja,  kecuali  diminati  oleh  yang
     tua-tua.

     Sebetulnya tidak masalah dengan suatu jenis musik, hanya kalau
     musik dangdut dibawakan dengan gaya yang erotis dan
     seronok, sehingga memancing syahwat bagi penontonnya.
     Apalagi bila pertunjukan musik dangdut yang  dibarengi dengan
     pemakaian minuman keras, sehingga sering timbul perkelahian
     akibat tidak dapat mengontrol diri.

     Walaupun ada musik juga  dangdut ini dengan syair-syair mengajak orang
     kebaikan seperti lagu-lagu yang dinyanyikan  Rhoma Irama.

     Intinya  adalah bagaimana setiap pertunjukan yang bertujuan untuk
     hiburan  itu  tidak menjadi arena pertunjukan kemaksiatan, karena
     bila itu terjadi yang berdosa adalah orang satu kampung (termasuk
     yang tidak ikut, karena tidak mencegah).

Wednesday, August 6, 2008, 12:05:37 PM, you wrote:

AI> Dunsanak sa palanta yth.
AI>
AI> Menyebarnya musik Dangdut (tentunya akan diikuti goyangan ala tayub atau
jaipongan) tak akan bisa kita hindari karena Sumatera Barat adalah bagian dari
Indonesia.
AI> Inilah budaya rantau yang masuk ke ranah dalam rangka mengindonesia.
AI> Yang perlu dibentengi adalah pertahanan komunitas nagari dalam menjaga
goyangan selera rendahan ini memasyarakat secara luas di kampuang lebih parah
lagi.

AI> Wassalam.
AI>
AI> Abraham Ilyas

AI> --- On Tue, 8/5/08, ajo duta <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

melalui jalur pribadi
dibanned