Mengenang (jasa) seseorang dapat dilakukan dengan
bebagai macam cara.
Kepada seseorang tersebut diberi gelar Pahlawan,
atau namanya diabadikan jadi nama gedung, jalan,
tempat, kapal perang dan sebagainya.

Untuk ini saya ingat petuah seorang Ulama:
Segala sesuatu yang banyak atau berlebih,
nilainya akan jadi murah,
kecuali amal dan ilmu.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa
menghargai jasa para pahlawannya.
Tapi kalau yang harus diingat jumlahnya
puluhan, apa tidak kasihan anak cucu kita
yang harus menghafalkannya?

Apakah para pahlawan nanti, nasibnya tidak sama
dengan nasib nama para Haji yang namanya di abadikan
jadi nama-nama jalan di Jakarta?
Apakah para pemakai jalan masih ada yang peduli,
mengapa jalan yang dilalui namanya kok:
H Aom, H Bir Ali, H Dogol dsb-nya?

Di Balikpapan, saya pernah tanya  sopir saya:
"P Tendean, P nya itu singkatan dari apa?"
Dengan tegas dia menjawab:
"P Tendean itu singkatan dari Pangeran Tendean ......"

Dia tidak begitu salah, karena di Balikpapan,
jalan P Tendean berdekatan dengan jalan
Pangeran Antasari.
Sementara, saya sendiri tidak tahu mengenai
track record Pangeran Antasari.
Kalau P Tendean malah saya tahu.

Saya juga khawatir kalau ada orang yang
menganggap bahwa Panglima Besar Sudirman adalah
orang yang kaya raya.
Karena nama beliau diabadikan sebagai nama sebuah
gedung mewah untuk resepsi bagi golongan the haves.

Khusus untuk bapak Achmad Subardjo. akan lebih
tepat kalau dijadikan tokoh di lingkungan Deplu.
Misalnya ada ruangan/gedung "Achmad Subardjo".
Tapi jangan ada ruangan/gedung yang namanya "Dr Subandrio".

Atau ada "Achmad Subardjo Award" bagi para
diplomat yang dianggap berprestasi.
Dan ini sudah ada presedennya, seperti "Sudirman Cup",
"Suratin Cup" dll-nya.

Sekedar bacaan sambil menunggu bedug berbunyi.

Wass, Jacky Mardono.

Yahoo! Toolbar kini dilengkapi dengan Search Assist. Download sekarang juga.
http://id.toolbar.yahoo.com/
melalui jalur pribadi
dibanned