Assalamualaiakum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya ingat salah satu tulisan atau Pidato Presiden Soekarno, entah
yang mana, menerangkan bahwa kata "Pahlawan" itu asalnya
dari "pahala" berakhiran "wan" jadi artinya "orang yang berpahala".
Kalau perempuan tentu harus pula ada kata "pahlawati". Tetapi saya
tidak menjumpai pemecahan kata "pahlawan" eeperti itu di dalam kamus.

Seiring dengan itu populer pula kata "pahalawan" itu dipecah
menjadi "paha" dan "lawan". Senada dengan itu tentu ada
pula "pahakawan", digabung dari "paha" dan "kawan".  Namun saya juga
tidak menjumpai keterangan seperti itu di dalam kamus.

Yang saya jujmpai dalam KBBI:
pahlawan; n. pejuang yang gagah berani; orang yang menonjol krn
keberanian dan pengorbanannya dl membela kebanaran.
pahlawan bakia; suami yangsanagt patu (takut) kpd istrinya.
pahlawan kesiangan; 1. orang yang baru mau bekerja (berjuuang dsb)
setelah perjuangan (masa suslit) berakahir); 2. orang yang ketika
masa perjuangan tidak melakukan apa-apa, tetapi setelah peperangan
selesai menyatakan diri pejuang.

Salam,
--Nyiak Sunguik

--- In [EMAIL PROTECTED], "Dr.Saafroedin BAHAR"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum w.w. para sanak sa palanta,
> Kita beruntung mempunyai seorang sesepuh seperti pak Rosihan Anwar
ini. Beliau bukan saja mempunyai pengalaman dan pengetahuan luas
mengenai sejarah Republik ini, tetapi juga berani berbicara secara
lugas tentang apa yang dialami dan diketahui beliau tersebut. Beliau
berpegang teguh pada kejujuran, keadilan,  dan kebenaran.
> Tanpa diberi gelar pun beliau sesungguhnya adalah pahlawan, karena
berani berbicara tentang kejujuran, keadilan, dan kebenaran di
tengah-tengah demikian banyak kemunafikan dewasa ini..
> Salut untuk pak Rosihan. Semoga beliau -- dalam usia 86 tahun ! --
tetap dikaruniai Allah swt dengan kesehatan dan fikiran yang
jernih.Amin.

> Wassalam,
> Saafroedin Bahar
> (L, masuk 72 th, Jakarta)
> Alternate e-mail address: [EMAIL PROTECTED];
> [EMAIL PROTECTED]

Nasional
> To: RantauNet@googlegroups.com
> Date: Saturday, September 20, 2008, 3:38 PM