From: HIFNI HFD <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: MARI KITO PASANG NAMO SUKU DI BALAKANG NAMO KITO
---> Gelar panggilan
To: RantauNet@googlegroups.com
Date: Wednesday, September 24, 2008, 12:53 PM

Yang ambo muliakan Mamaak Saaf, adik-adik/kemenakan serta sanak saparatian yang
ambo hormati.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakhatuh.

Menarik juga topik mengenani suku yang kemudian,  berkembang menjadi gelar
panggilan pada pria minang yang sudah menikah, dimana akhirnya kita harapkan
akan menemukan suatu resume dalam pembentukan ABS-SBK. Sekedar berbagi
informasi diantara kito badusanak, maka ingin pulo saya ikut serta bergabung
memperbincangkan masalah yang satu ini, melalui pengalaman pribadi saya.

I.   Memang betul bahwa tidak semua pepatah 'ketek banamo gadang      bagala'
balaku umum secara umum di Ranah kito , seperti di Luhak nan      bungsu
(Payokumbuah) dan juga luhak tanah datar. Di keluarga kami ada      ipar yang
berasal dari Batusangkar yang tidak mempunyai gelar      panggilan sebagai
seorang menantu - sehingga kami sering agak kagok      (tagigik lidah . ...???)
bila menyebut namanya saja.
     Akhirnya untuk berakrab-akrab terpaksalah kami memanggil mereka      Oom..

II. Tinjauan matrilinial dan patrilinial :
a.   Ibu Mertua saya - adalah seorang Puti disalah satu wilayah kota Padang.
Entah adat  atau luhak mana yang dipakai - atas status sosial ini - semua anak
keturunan puti -  puti  akan bergelar Puti dan Sutan, bagi anak perempuan dan
laki-laki sejak ia lahir..
      - Dalam tinjauan matrilinial, maka Puti puti ini bila menikah dengan
siapun, baik minang  atau non minang, maka anak-anaknya tetap akan bergelar
Puti dan Sutan sejak lahir.
        Akan tetapi bila, si Sutan menikah dengan wanita minang atau non
minang, maka anak laki-lakinya akan bergelar " Marah" didepan namanya  dan Siti
bagi perempuan. Gelar ini diperolehnya juga sejak anak itu lahir.

b.   Bapak Mertua saya - adalah seorang Sutan yang berasal dari " Pasia" -
Pariaman. Menurut adat di Pariaman, maka ia mewariskan kepada anak laki-lakinya
gelar Sutan, seperti halnya bagindo atau Sidi. Inilah yang akan menjadi nama
panggilan bagi anaknya bila kelak sudah menikah.
      Dalam penerapan panggilan demikian, kita menyimpulkan bahwa telah berlaku
sistem patrilinial di Pariaman itu.
      Alhasil suami saya  saat ini bergelar - Sutan Kwadrat ( begitu ambo
secara bergurau menyebutkan kepadanya... ), karena gelar yang diperoleh dari
Ibu dan dari ayahnya itu..
      Pada saat  sang suami menjadi raja sehari, kening keluarga saya pun
berkerut karena heran... karena ternyata pada saat itu  - ia dilewakan lagi
gelar kaum kepadanya oleh Mamak-mamaknya dengan nama " Sutan Perhimpunan". Nah
Lho.....

c. Seandainya anak laki-laki saya menikah, pastilah ia  dipanggil "Marah"
karena gelar keturunan yang diperoleh dari Ayahnya - sebagai Sutan di kota
Padang. Namun Ia anak yang lahir dan besar di rantau, pastilah aneh jika ia
dipanggil Marah. Seandainya ia dipanggil Sutan pun - sah sah aja, karena gelar
itu juga diperoleh dari papanya yang ayahnya orang pariaman (menganut sistem
patrilinial). Akan tetapi saya rikuh jika anak saya ini dipanggie " Sutan ".

d. Jika sistem matrilinial yang ingin diterapkan kepada anak-anak saya ini,
maka tentuia akan memperoleh gelar panggilan dari Mamak-mamaknya (saudara
laki-laki) saya, semisal Marah Sutan, Marah Marajo, Sutan Kulipah, Sutan
Makhudum dan Rajo Kaciek. Ini adalah gelar-gelar turunan yang ada dikeluarga
kami yang masih menjunjung sistem Matrilinial.
Karena kami bersuku Tanjung - berarti ia dapat pula menambahkan  nama Tanjung
dibelakang namanya.

Dengan uraian yang ambo sebutkan pada butir II ini, maka ambo ingin manumpang
batanyo saketek.... Baa bana sabananyo ketentuan gala..iko di ranah kita..
Benarkah ada luhak atau nagari tidak menganut sistem gelar panggilan
sebagaimana pepatah "ketek banamo gadang bagala". ?
Barangkali kita di rantau ini perlu diberi panduan oleh para pemangku adat
sehingga kami bisa pula meneruskan kepada generasi muda minang tentang khazanah
budaya - mengenai panggilan dan sebutan pria..

III. Ada pertanyaan saya, mengapa ada pemangku adat yang melewakan gala gadang
kepada para pejabat negara kita. Bagaimana acuan ? dan siapakah yang memberi ?
Apakah sama halnya seperti pemberian gelar di keraton-keraton di tanah jawa ?
jika  ada nilai kontribusi seseorang  pada sebuah keraton di Jawa.

Sebelum dan sesudahnya saya mohon maaf, karena saya terpaksa mengambil kasus
yang terjadi pada keluarga saya. Terima kasih kepada sanak yang bersedia
merespon pertanyaan saya pada butir III.

Demikian dan terima kasih,

Wassalam,

  3vy nizhamul
http://hyvny.blogspot.com
http://bundokanduang.wordpress.com

 --- On Tue, 9/23/08, Dr.Saafroedin BAHAR <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

jadi alah samakin jaleh kini bahaso pepatah 'ketek banamo gadang bagala' indak
balaku umum di Ranah, tamasuak di Payokumbuah jo Lintau.
Dek karano ituah salamo ko indak bosan-bosannyo ambo mandorong supayo ado
semacam 'buku petunjuak' nan basifat komprehensif -- langkok -- tantang adat
Minangkabau, jan tabateh di nagari kito surang-surang.
Kalau memang indak umum di Ranah kaum pria nan alah dewasa diagiah gala, mako
pepatah tasabuik paralu kito 'amandemen' sahinggo babunyi: 'ketek banamo,
gadang --kadang-kadang ado nan -- bagala'. Jadi 'namo ABS SBK' kito, baiak
untuk padusi maupun laki-laki, cukuik tigo unsur sajo: 1) namo ketek; 2) bin
atau binti namo Ayah; 3) namo suku.
Baa tu Angku Azmi Dt Bagindo?

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(L, masuk 72 th, Jakarta)
Alternate e-mail address: [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]