Assalamu'alaikum

Sebelum membuka SSM, saya makan pagi bersama JK. Ada Sofyan Wanandi, Fahmi
Idris dan Azzumardi Azra di meja makan, juga ibu JK dan ibu lain. Lantai 8
Bumi Minang. Di kursi tamu, ada Gamawan Fauzi, Fasli Jalal, Johermansyah
Johan. Juga ada Solihin Kalla mengambi kursi di belakang Sofyan, nimbrung.

JK menurutku tidak rasis. Mungkin dia ingat omongan Sofyan yang China.
Begitu juga omongan Sofyan, mungkin dia ingat seluruh pembicaraan dengan
para tokoh Minang di meja makan itu. Sering pers memiliki keterbatasan dalam
mengimajinasikan omongan seseorang, dalam konteks historisnya, dan latar
belakangnya.

Banyak hal yang diceritakan JK di meja makan itu, begitupun yang lain,
seolah saya adalah bagian dari mereka. Padahal, baru kali itu saya makan
pagi bersama JK. Satu hal yang saya ingat dari Pak Azzumardi adalah "kenapa
tidak membawa tustel?" Padahal, saya punya hp yang bisa motret. Yang jelas,
ketika JK mau menuju Pangeran Hotel, saya cegat di lobby, lalu minta beliau
berpose bersama teman SMA saya dan istrinya yang "ngidam" motret dirinya dan
JK. Saya tukang potretnya. Tapi saya tetap tidak berpotret dengan beliau.

Kultur Minang dan Bugis begitu mirip. Berbeda betul dengan kultur Jawa yang
high context. Sudah banyak riset yang menuliskan itu.

ijp

  _____