Assalamulaikum W.W

Pak Jacky Yth.

Ruponyo awak satu broyot ORBA yo pak, inyong nggih tiyang orba, dakek brug
panggorengan gethuk .., griya induak bareh inyong !

Ambo sangat tertarik jo judul tesis nan dibuek oleh nanda Reni: Perempuan
Sumatera Barat (M.K) semasa PRRI 1958 – 1961.

Sebagai anak yang diasuh/dibesarkan hanya oleh Ibu, ambo merasokan langsung
peranan ibu ambo di dalam dua kali keterlibatan beliau saat pergolakan
bersenjata di kampuang, yaitu bagian penyediaan perbekalan makanan
gerilyawan RI 1949 dan PRRI 58 -59

Ketika nagari kami diduduki tentara yang dikirim rezim Soekarno th. 1961,
kami segera meninggalkan kampung mengungsi ke Jawa. Kaum komunis dengan
OKR/OPR mabuk kemenangan. Ketika itulah ibu menyuruh saya untuk berdoa
setiap habis sembahyang agar Tuhan menghancurkan kaum komunis yang perkasa.
Dengan izinNya perintah itu saya lakukan selama lk. 5 tahun setiap selesai
sembahyang.

Doa kami dan doa orang-orang yang dizalimi komunis rupanya dikabulkan Tuhan.
Tidak ada kegembiraan dan kesenangan yang luar biasa bagi saya, ketika
bersama-sama 'Orba sabananya orba' lainnya ikut mengganyang PKI dan
ASU/pengikut fanatik Soekarno di Jawa, bukan di kampuang saya. Seandainya
ibu saya yang saat ini berusia 96 tahun masih lancar berkomunikasi tentulah
nanda Reni akan saya pertemukan dengan beliau, silakan lihat ibu saya di :

http://td73.nagari.org/tanjung/tanjuang.html

Wassalam

Abraham Ilyas  63

webmaster/admin