From: Elthaf (elthaf) <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Rainal Rais Abdi Organisasi, sebuah Biografi
To: RantauNet@googlegroups.com
Cc: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]
Date: Saturday, 18 October, 2008, 8:04 PM

Rainal Rais Abdi Organisasi, sebuah Biografi

        Rainal Rais Abdi Organisasi, Sebuah Biografi

Assalaamualaikum wr.wb.,

Berorganisasi?, nggak lah yaw, itulah yang sering kita dengar bagaimana emohnya
mereka tentang arti organisasi,  begitu banyak pengorbanan, mulai dari materi,
perasaan, waktu, keluarga dan bahkan tidak sedikit umpatan yang begitu
menyeramkan yang mereka sendiri tidak tahu betapa begitu besarnya pengorbanan
untuk organisasi itu.

 Tapi itu tidak buat seorang pak Rainal Rais, dalam bukunya Rainal Rais dengan
bangga menuliskan judul bukunya dengan judul Rainal Rais Abdi Organisasi,
setiap yang namanya  pengabdian selalu muaranya usaha yang  begitu mulya.

Pak Rainal Rais muda dengan cerdasnya mengoptimalkan sebuah organisasi, dengan
beroragnisasi Rainal Raia berhasil mengajak seorang pengusaha papan atas, Iman
Taufiq menanamkan investasinya di Sumbar. Begitu banyak organisasi yang
dilakoni pak Rainal Rais, mulai dari organisasi HIPMI, HIPPI, sampai oragnisasi
olaharaga semacam Golf, Takraw satu organisasi kebanggan beliau yaitu SAS,
Sulit Air Sepakat yang organisasinya ini telah punya cabang dimana-mana, yang
dengan relanya Pak rainal pergi melantik SAS do daerah dan malah di luar negeri
seperti SAS Sydney dll.

Tidaklah heran komentar dari tokoh-tokoh lebbih menekannkan bagaimana kecintaan
seorang Rainal Rais atas organisasi, khususnya organisasi social SAS, seperti
yang disampaikan oleh Abu Rizal Bakrie, Azwar Anas, Fahmi Idris, Siswono
Yudohusodo, Agung Laksono, Iman Taufiq, Dewi Motik, Gamawan Fauzi dll.

Buku yang dikatapengantari oleh Prof Emil Salim itu penuh dengan riwayat
panjang seorang pengusaha papan atas Jakarta asal Minang. Tidaklah heran Emil
Salim dalam kata pengantarnya menyebutkan Keterpautan Rainal Rais dalam
organisasi kenagarian SAS bukanlah kesengajaan dan juga bukanlah ambisi Rainal
menjadikan SAS bagian dirinya, Tetapi SAS menjadi “putra” ciptaan Rainal.

SAS menjadi obsesi Rainal Rais, karena ia cinta nagari Sulik Air, Dan, cinta
nagari Sulit Air karena ia cinta Bundo Kandung, ibunya tersayang, bundo dan
Sulit Air menyatu dalam hati Rainal Rais, itul;ah saya kutip dari kata
pengantar Emil Salim.

Buku “Rainal Rais Abdi Organisasi” baru beberapa jam saya terima, ketika saya
menghadiri undangan Kakanda Rainal Rais untuk menghadiri pernikahan kamanakan
beliau dr. Rostanty dengan dr. Sukri Fitrizon yang berlangsung hari ini, Sabtu,
18 Oktober 2008 di Aula Masjid Agung An Nur Pekanbaru, bersama isteri saya
menghadiri resepsi pesta ini jam 15:00, terlambat dari undangan karena saya
harus mencharge battery lagi

Sambutan ramah layaknya seorang kakak nan lah lamo indak basuo beliau menyambut
saya, di sela –sela ota lamak uda Rainal Rais memberikan dua buah buku buat
saya yaitu: biografi beliau Rainal Rais Abdi Organisasi dan sebuah buku
kumpulan lagu Minang moderen, Orkes Gumarang, Pimp Asbon M.

Buku Biografi Rainal Rais Abdi Negara ditebitkan tahun 2003 dengan masa proses
penulisan lebih dari empat thaun. Dituilis oleh pengarang nan seorang wartawan
Rhian D’Kincai, udah lama memang buku ini, tapi nilai sejarah dan ada hal yang
tidak pernah terungkap ke permukaan yang mungkin bagi anak muda sebagai
motivator dalam berbisnis dan berorganisasi.

Sejak buku ini diterbitkan tahun 2003, ada lima tahun yang “loss connection”,
buku ini perlu sambungan edisi terbaru,  ketika ak Rainal berkiprah dengan ,
Gebu Minang, SSM dan keakraban beliau dengan anak muda Minang seperti dnegan
Firadus HB, Dengan Basrizal Koto, dengan Ronald Chandra atau dengan member
Rantau Net yang pak rainal Rais sangat tekun mengamati setipa postingan di
rantau net bersama Pak Syaaf, Mak Ngah, dan banyak tetua RN.

Banyak yang belum terungkap bagaimana kiprah Pak Rainal Rais setelah para konco
beliau jadi orang penting di Negara ini, dengan Aburizal Bakrie, teman sejak
kecil yang sekarang menjadi Menko, dnegan JK  yang wapres, bang Fahmi Idris
yang menteri Perdagangan, Agung Laksosno yang Ketua DPR, dan banyak lagi geng
beliau yang mungin akan membuat buku edisi kedua Andi Organisasi ini akan jauh
lebih tebal dari buku sebelumnya yang 277 halaman,

Kecintaan beliau terhadap ibunda, pak Rainal Rais menempatkan foto lukisan cat
minyak, ibunda Hj. Rosma yang dijadikan foto pertama pada sesi biografi beliau.

Tidaklah balabihan pesan khusus beliau di halaman ii yang bisa dijadikan Sprit
Minang, beliau menulis” Untuk generasi penerus, khususnya untuk putra putridku
tercinta: “Kau belum dapat dikatakan cinta tanah air, kalau kau belum
menicintai kampung halamanmu” (Minangkabau, maaf kalau saya berani mengatakan
Minang).

Ini bukan hanya sebagai lips servise dan pamanih ota, tapi beliau betul betul
telah melaksanakannya, sebagai anak keturunan the Have lahir dan besar serta
tinggal di kawasan elit kebayoran baru dan malah dalam satu komplek mayoritas
dihuni oleh keluarga beliau dan satu jalan dinamai dnegan nama ayahanda beliau
Jl. Rais Ta’im, Uda Rainal Rais sangat kental bahasa Minangnya, yang kadang ini
jarang dipunyai oleh generasi muda awak nan mudah lupo babahaso minang.

Buku kumpulan lagu orkes gumarang ini adalah merupakan sebuah sumbangsih dari
pemilik percetakan PT Rora Karya yang menerbitkan buku tersebut, Pak Rainal
Rais.

Dalam kata pengatar penerbitnya pak Rainal Rais sangat bangga dnegan Gumarang,
maka tidaklah balabihan kalau pak Rainal mengatakan Gumarang adalah asset
sejarah yang tidak boleh lenyap begitu saja. .. …ia akan menjadi klasik dalam
khazanah seni suara dan seni musik Indonesia.

Saya sangat beruntung sore ini, karena saya mendapatkan dua buah buku yang
langka dan sangat berharga, satu paket lagi beliau titipkan untuk sohib baliau
Pak K. Suheimi, yang sekarang sedang di luar kota, insya Allah kapan Pak
Suheimi ke Pekanbaru akan saya antarkan dua buah buku titipan uda Rainal Rais.

Buku ini akan menambah koleksi buku saya yang ditandatangani oleh penulis dan
atau oleh beliau yang dituliskan di buku tersebut, sebelumnya saya mendapat
buku yang juga ada tanda tangan basah dari pak Moeslim Roesli, Pak Prof
Elfindri, ahli eknomi dari Unand, Sejarawan dari Padang, Pak Dr. Mestika Zed,
dan banyak lagi yang lain yang sekarang menhias di perpustakaan saya yang
merangkap sebagai studio lukis saya.

Terimakasih pak Rainal Rais, nio bana ambo mambawo kanda city tour di
Pakanbaru, mudah-mudahan  kanda bisa menyempatkan karano ambo juo tahu sebagai
seorang penguhulu kaum dnegan gelar Rajo Sati nan Mulie waktu sangat berharga
untuk kamanakan beliau yang  banyak di pekanbaru untuk bisa bersilaturahim
dnegan anak dan kamanakan beliau.

Doa saya semoga Uda Rainal Rais dan Uni Yulmatri sarato anak-anak beliau
sehat-sehat, dan selalu mendapat inayah, kesehatan dan kemudahan dari Allah
SWT, amiin.

Maaf, saya belum sempat membaca semua buku ini karena baru 3 jam di tangan
saya, insya Allah saya akan share ke palanta karena saya lihat buku ini adalah
sebagai motivator dan spirit Minang

Kalau buliah iko dianggap sebagai resensi buku.

Terimakasih,

Wasalamualaikum wr.wb.,

Pekanbaru, 18 Oktober 2008, jam 19:00

Elthaf