Kalimat Sederhana Dengan Efek Yang Luar Biasa
Oleh : K Suheimi

Suatu ceritra yang menggelitik dan jadi bahan renungan adalah sewaktu saya
mendengar Radio Classy dengan judul   Kalimat Sederhana Dengan Efek Yang Luar
Biasa

Ceritra ini di olah oleh Yanti, dia rajin Dan saya minta izin untuk ini
disampaikan pada pembaca saya, semoga ada hikmah dan manfaatnya, selamat
menikmati

di sebuah pesta perpisahan sederhana pengunduran diri seorang direktur ,
diadakan sebuah sesi acara penyampaian pesan , kesan , dan kritikan dari
bawahan kepada mantan atasannya yang segera memasuki masa pensiun dari
perusahaan tersebut,, Karena waktu yang terbatas , kesempatan tersebut
dipersilahkan dinyatakan dalam bentuk tulisan,, Diantara pujian dan kesan yang
diberikan , dipilih satu tulisan yang yang dibingkai untuk diabadikan ,
kemudian dibacakan di acara tersebut , tulisan itu adalah milik seorang office
boy yang bekerja cukup lama,,

Dengan tulisan seadanya ia mengungkap isi hatinya
"Yang terhormat Pak Direktur,, Terima kasih karena Bapak telah mengucapkan kata
"tolong", setiap kali Bapak memberi tugas yang sebenarnya adalah tanggung jawab
saya,, Terima kasih Pak Direktur karena Bapak telah mengucapkan "maaf" , saat
Bapak menegur , mengingatkan dan berusaha memberitahu setiap kesalahan yang
telah diperbuat karena Bapak ingin saya merubahnya menjadi kebaikan,,

Terima kasih Pak Direktur karena Bapak selalu mengucapkan "terima kasih" kepada
saya atas hal-hal kecil yang telah saya kerjakan untuk Bapak ,, Terima kasih
Pak Direktur atas semua penghargaan kepada orang kecil seperti saya , sehingga
saya bisa tetap bekerja dengan sebaik-baiknya , dengan kepala tegak, tanpa
merasa direndahkan dan dikecilkan,, Dan sampai kapan pun bapak adalah Pak
Direktur buat saya,, Terima kasih sekali lagi, Semoga Tuhan meridhoi jalan
dimanapun Pak Direktur berada. Amin."

Setelah sejenak keheningan menyelimuti ruangan itu , serentak tepuk tangan
menggema memenuhi ruangan,, Diam-diam Pak Direktur mengusap genangan airmata di
sudut mata tuanya, terharu mendengar ungkapan hati seorang office boy yang
selama ini dengan setia melayani kebutuhan seluruh isi kantor,,

Ia tidak pernah menyangka sama sekali bahwa sikap dan ucapan yang selama ini
dilakukan , yang menurutnya begitu sederhana dan biasa-biasa saja , ternyata
mampu memberi arti bagi orang kecil seperti si office boy tersebut,,
Terpilihnya tulisan itu untuk diabadikan , karena seluruh isi kantor itu setuju
dan sepakat bahwa keteladanan dan kepemimpinan Pak Direktur akan mereka
teruskan sebagai budaya di perusahaan itu,,

Untuk semua itu ingin saya petikkan sebuah Firman suci Nya dalam Al Qur'an
patau kapal-kapal itu dibinasakan-Nya karena perbuatan mereka atau Dia memberi
maaf sebagian besar dari (mereka). (QS. 42:34)
 Padang 14 Nov 2008

melalui jalur pribadi
dibanned