TUKANG ROTI DAN PETANI
Oleh : K Suheimi

Suatu ceritra yang menggelitik dan jadi bahan renungan adalah sewaktu saya
mendengar Radio Classy dengan judul TUKANG ROTI DAN PETANI
Ceritra ini di olah oleh Yanti, dia rajin, sebulan yang lalu kebetulan
melahirkan di Rs Bunda. Dan saya minta izin untuk ini disampaikan pada pembaca
saya, semoga ada hikmah dan manfaatnya, selamat menikmati.

Suatu hari / seorang tukang roti di sebuah desa kecil membeli satu kilogram
mentega dari seorang petani// namun melihat ukuran mentega yang ia beli / Ia
jadi curiga bahwa mentega yang dibelinya tidak benar-benar seberat satu
kilogram// Beberapa kali ia menimbang mentega itu/ dan benar/ berat mentega itu
tidak penuh satu kilogram// Yakinlah ia/ bahwa petani itu telah melakukan
kecurangan// Ia melaporkan pada hakim/ dan petani itu dimajukan ke sidang
pengadilan//

Pada saat sidang/ hakim berkata pada petani/
"Pak tani ... apakah kau tidak mempunyai timbangan? / sehingga engkau tidak
menimbang mentega yang kau jual kepada tukang roti ini?"

"Tidak/ tuan hakim/ saya tidak memiliki timbangan" jawab petani//

"Lalu/ bagaimana kau bisa menimbang mentega yang kau jual itu?" tanya hakim//

Petani itu menjawab/
"Ah/ itu mudah sekali dijelaskan/ tuan hakim// Untuk menimbang mentega seberat
satu kilogram itu/ sebagai penyeimbang/ saya gunakan saja roti seberat satu
kilogram yang aku beli dari tukang roti itu//"

Classy people / (ann : sambil ketawa geli)/ cerita tadi mungkin cukup membuat
kita geli // tapi itu adalah hal yang sering kita alami sehari-hari / bahwa
kekesalan kita pada orang lain / sering berasal dari sikap kita sendiri pada
orang lain//

Untuk itu saya teringat akan sebuah Firman suci_Nya dalam Al_Qur'an;

Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih
bermanfa'at, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan
dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar
kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil
kendatipun dia adalah kerabat(mu, dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu
diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat, (QS. 6:152)

P a d a n g  9 Desember 2008

Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru.
Cepat sebelum diambil orang lain!