Assalamualaikum wr. Wb.

Buya Mas'oed yang ambo muliakan serta sidang palanta yang ambo hormati.

Sebagai seorang ibu mungkin juga seorang ayah, rasanya kita tidak pernah
meminta imbalan pada anak-anak kita. Pula,  Rasanya tidak adil jika hanya kasih
sayang ibu saja sepanjang jalan karena dengan didampingi sang ayah maka seorang
ibu lebih optimal dalam mencurahkan kasih dan perhatian pada anak-anaknya.

Seorang ibu memiliki naluri dan kodrat yang tidak sama dengan seorang ayah.
Naluri dan kodratnya inilah yang tidak pernah ternilai dan tidak bisa dinilai
oleh siapapun.

Akan tetapi, Dalam konteks ABS-SBK, maka harmonisasi peran ayah tidak dapat
diabaikan.
Di minangkabau ada nasehat yang mangkus yaitu istilah "pitaruah ayah" yang
sangat berguna bagi pembentukan watak anak yang berguna bagi masa depannya.

Terus terang saya terharu ketika anak saya berucap: Selamat hari ibu Ma...
Sambil menyampaikan harapan semoga mamanya menjadi ibu yang sabar dan tawakal.
Walaupun ucapan sang anak sederhana saja, namun dibalik ucapannya itu tersirat
bagi saya bahwa seorang ibu tidak selamanya sempurna, seperti yang selalu
diharapkan oleh siapapun juga kepada setiap wanita yang berkedudukan sebagai
ibu.

 Wassalam,

EVI NIZHAMUL

Masoed Abidin wrote:
> [...]
> Happy New Year. Dan yang menyambutnya pada malam Muharram dengan melakukan
> muhasabah sekaitan dengan peringatan Hijrah Rasulullah SAW pada 1430 tahun
> yang lalu itu. Allahu Akbar. Ketika kedua peringatan itu berlangsung,
> sesungguhnya peranan IBU sangat terasa. Tidaklah mungkin kita sampai ke dunia
> ini tanpa pengerbanan keras seorang ibu, sejak mengandung, melahirkan, wahnan
> 'ala wahnin , berat diatas berat, susah di atas susah, wahn di atas wahn, dan
> takut di atas takut. Setiap detik yang di doakan sang ibu
 adalah janin yang dikandungnya selamat, sehat dan lahir dengan baaik sempurna
kemuka bumi. Doa itu terkabul melahirkan kita. Maka pada hari-hari kita
melepaskan tahun lama serta memasuki tahun baru, semestinya yang pertama kali
kita jelang adalah bunda dan ayah itu. Jika tidak mungkin, tentulah dengan doa,
semoga Allah yang Maha Kuasa mengampuni dan melimpahkan kasih