Sedikit masukan aja. Lebih baik award-award itu sudah ada tor yang jelas untuk
juri. Saya yakin TOR nya jelas tetapi saya mungkin bisa menebak cara juri
melakukan penilaaian yang mereka lakukan (mudah-mudahan saya salah), Mereka
berobongan mendatanggi  abjek yang akan dinilai (kalo co itu tantu lah
dipersiapkan tuan rumah penyambutan tamu) dan yang dinilai saragamnyo,
tampeknyo, keramahannyo dll (ttapi jan kajuri sajo saat penjurian). Penilaian
ini memang standar penjurian award2 tsb. Tetapi sebaiknyaada yang namanya MR.
X.

Saya pernah berdiskusi dengan teman yang aktif di dunia perhotelan. Salah satu
yang mereka takutkan itu ialah MR. X tersebut. beliau lah yang memberikan
penilaian kepada para hottel berbintang di JAkarta.. MR. X ini momok bagi
kalangan perhotelan, beliau bisa merekomendasikan turun naiknya bintang sebuah
hotel.

Mohon maaf ko salah2 ucap

Nanang, jkt
Selamat kepada semua nominator dan pemenang. Saya menghargai dan menghormati
semua hasil ini yang pasti juga tidak mudah prosesnya. Selamat buat Bung Ridwan
Tulus atas segala kiprahnya dalam industri Pariwisata Sumbar... Mohon maaf,
kalau ada anggota lain dari milis ini yg terkait dg nominasi dibawah...

Tapi saya mau komen satu krn terkait pengalaman pribadi. Khususnya utk
restaurant yg terpilih sbg yg terbaik dibawah ini. Apapun lah kriterianya...

Utk tempat dan lokasi, mungkin memang baik krn sudah tidak dg konsep restoran
standar. Udah bisa lesehan dsbnya. Tetapi utk tingkat pelayanan rasanya masih
jauh. Sktr 2 bln lalu saya mau makan kesana dg Ibu (79 thn) dan Paman (77 thn)
saya. Katanya Ikan Bakarnya terkenal. Ketika saya masuk alah hampia 10 menit
tagak dan celingak celinguk, tak satupun pelayan yang menyapa. Pd hal bbrp
orang lewat sdh lewat bolak balik disamping kami dan Ibu saya yang pake
tongkat. Jangankan tersenyum atau bertanya, memandang pun tidak bahwa kami ada
disana disamping mereka yang mondar mandir tsb...

Saya coba menahan diri dan memanggil. Tapi tak satupun yang datang. Hanya dari
jauh saja bilang: "yo, yo..." dan sibuk dg mengantar pesanan makanan ataupun
membersihkan meja. Tak ada meja kecil dipintu depan dan tak ada pelayan yang
berdiri didepan utk menyapa tamu ketika akan masuk sbg bentuk bahwa tamu yang
kesana cukup dihargai sbg layaknya tamu...

Mudahan-mudahan itu hanya suatu kebetulan belaka ketika saya saat itu datang
mungkin lagi penuh tamu dan sangat sibuk semuanya. Dan mungkin itu krn di
Padang dan bukan di Jawa...:) Lain lubuak lain ikannyo...:) Sehingga akhirnya
saya memutuskan mengajak Ibu dan Paman saya utk keluar dan cari restoran
lain... Dan harapan saya terkabul, ternyata memang tak ada yang minta maaf
ketika kami dengan air muka sedikit kecewa menuju pintu keluar...

Semoga Industri Pariwisata Sumbar kedepan akan lebih baik lagi. Semoga
wisatawan tidak dipaksa "harus" memahami gaya pelayanan ala Sumbar ini. Dan
award-award seperti ini, mestinya akan memotivasi berbagai pihak lebih baik
lagi dan berorientasi ke standard yg berlaku lebih umum dimana-mana. Kalau
bisaa...

Kunci sukses Pariwisata adalah memang harus menjual keunikan lokal, tetapi
mudah-mudahan tidak keunikan pelayanan seperti ini...:) Dan mudah-mudahan juga
tidak terjadi ditempat-tempat lain di Sumbar....

Mohon maaf sebelumnya. Terima kasih...

Salam,
Nofrins
www..4r5lb.west-sumatra.com