Assalaamualaikum wr.wb.,
        Saya banyak menerima ucapan selamat yang tulus dari
saudara-saudara ku, begitu tulus dan ikhlasnya untuk bersama mendorong
untuk kita bersama maju menatap dan melangkah ke depan untuk sama-sama
maju.
        Terimakasih banyak dan appresiasi yang tinggi atas semua uacapan
selamat dan doanya ini, saya tidak bisa membalas denagn lebih lagi,
hanya ucapan terimakasih dan doa saya semoga bapak/ ibu semua diberi
kemudahan dan kesehatan oleh Alah SWT, amiin.

        Ucapan tahniah dan selamat yang begitu tulus adalah satu ucapan
sportivitas dari sanak saudara, begitu gembiranya dan begitu senangnya
atas prestasi dari seorang teman yang mungkin prestasi itu bagi
kebanyakan orang belum ada apa-apanya, tapi ucapan selamat dan
appreciatenya dari nurani seorang teman bagi saya sungguh satu hal yang
membanggakan, semua saya catat, saya print dan saya bukukan dan akan ada
"foot note"nya, karena bagi saya adalah ucapan tulus dari
saudara-saudara adalah pendorong saya untuk selalu berbuat yang terbaik
bagi sesama, saya percaya dari "pengabdian" dan saling membantu  ini
Allah akan membalas dalam bentuk lain, seperti saya pernah mendapat
hadiah Mobil Avanza dari mandiri yang setelah saya check rekening saya
hanya pas untuk syarat minimal.
        Maka, ketika tanggal 24 feb 09 saya mampir dan diajak lunch oleh
oom saya mantan Konjen di Houston dan tante saya (putri Pak Bagindo Aziz
Chan) di Restiran Sunda di Cikini Jkt,  beliau mengatakan, "Elthaf, itu
karena Elthaf suka membantu siapa saja, bukan orang itu yang akan
membalas tapi Allah, mungkin dalam bentuk lain yang jauuuh lebih besar,
ya di dunia dan ya di akhirat". Dan belia mengutip beberapa ayat al
Quran.
        Memang apa yang disampaikan itu ada benarnya, saya beli buku itu
Rp. 75 rb terus nulis dan kirim by E-mail, balasannya?, Allah membalas
lewat tangan Pak Dino dengan: Nginap di hotel Red Top 2 malam, Pesawat
Garuda PP, Perdiem, Dialog dengan presiden di Trans TV, ke istana sampai
ke ruang-ruangnya, jam tangan dengan lambang garuda dan merek Istana,
Pena, Buku, dan souvenir lainnya, kartu nama dengan logo garuda, dan di
acara itu bisa ketemu orang penting negara ini.
        Jujur saja, apa yang saya tulis juga nggak ada apa-apanya,
apalagi kalau dibandingkan dnegan tulisan bapak-bapak kita yang sudah
malang melintang menulis, cuma kebetulan nasib baik berpihak kepada
saya, ibarat nasib, pertama menang WO, kemudian di seleksi
salanjuiknyao, kompetitor sakik paruik, pas di final, adu finalti, nggak
tahunya semua tendangan kompetitor melenceng semua, pafda hal yang dari
kita Cuma satu goal, itulah nasib, kita nggak bisa menebak nasib kita
masing-asing.
        Pentingnya belajar terasa sekali, saya lama di operation dan
sedikit banyaknya sering dihadapkan dengan situasi darurat, mulai
bekerja sesuai dnegan SOP dan bagaimana ambil decision di saat genting,
malam rabu itu ada workshop dnegan para pemenang penulis essay buku
Harus Bisa, di meja saya ada kolonel senior yang juga menyndang gelar
MSc dari Perancis, ada S3 peg Bappenas dari Australia, ada kepala SMA
yang MPd, ada penulis, ada Asst VP Bank mandiri, yang semua hebat-hebat,
kepada kami diberikan pertanyaan dan diharuskan menulis tentang topik
yang disampaikan, semua tentang kepemimpinan yang semua itu mungkin jauh
dari keseharian kita, dan semua kita harus memperesentasikan apa yang
kita tulis, bayangin topuiknya itu jauh dari hal-hal keseharian kita
yang selalu bersifat teknis dan tersystem, apa lagi kayak saya yang
sehari-hari jauh dari ibu kota, di ladang minyak chevron di pelosok Riau
sana, bisa bayangin malunya kalau nggak match dnegan subject, atau
argumentnya teralu dangkal, atau bahasanya terlalu membumi, wow,
disanalah adanya manfaat kita banyak membaca, dari buku dari E-mail,
banyak menulis, banyak berinteraksi, bersilaturrahim, mulai dari materi
sampai  communication skill kita, begitu juga bisa mengatur emosi
dsbnya.
        Berprestasi dan mengembangkan itu bisa dari mana saja, kayak
saya kerja di Minas dan malah bisa ke Monas untuk menerima hasilnya,
he..he...
Jujur saja, saya dapatkan semua karena banyak berintekaksi dan
bersilaturrahim dengan bapak, ibu dan sanak saudara semua, saya banyak
belajar dan diam-diam saya curi potensi dari bapak, dari kompetensi
bapak, dari performance bapak, dari buah pikiran bapak, yang baik semua
telah saya serap dan menjadi entry point bagi saya.

        Mohon maaf saya tidak menuliskan nama satu persatu, yang besar
tidak disebutkan gelar, yang kecil tidak disebutkan nama, yang tua
dengan tuahnya, yang muda denagn gagahnya. Saya mengucapkan terimakasih
banyak atas ucapan Taniah dan selamatnya, semoga Allah akan membalas
denagn berlpat ganda, amiin.

Hal yang mungkin perlu mendasari bagi saya adalah selalu belajar dan
selalu belajar, alam takambang jadi guru, dari pertemuan kemaren
poin-poin yang baik bagi saya adalah:
*       Karya kita seberapapun kecilnya akan dihargai oleh orang lain
*       Silaturrahim bertambah
*       Positive thingking
*       Trush
*       Amanah

        Banyak permintaan apaan sih yang ditulis Elthaf itu,
        Saya menulis dengan topik kepemimpinan di era demokrasi:
"Seperti kita ketahui Demokrasi di Indonesia sudah melewati beberapa
tahap, dari demokrasi liberal, terpimpin, pancasila, dan sekarang saya
istilahkan dengan demokrasi tidak berkeruncingan dan memariangik kalau
hal ini tidak dimanage oleh pemimpin kita dengan baik bukan tidak
mungkin Indonesia akan "mati tagak", haa, inilah strength saya, kita
harus pakai bahasa minang yang memang istilah itu tidak ada dalam bahasa
indoensia, jangan malu untuk mementas nasionalkan bahasa kita, cobalah
diindonesiakan mati tagak, ada nggak, semua terperangah, apa sih ini,
orang pada nanya apa itu "tidak berkeruncingan" dan "memariangik" dan
"Mati Tagak", makanya saya diundang ke Jakarta untuk menjelaskan semua
ini, he..he.... Mungkin Pak SBY akan mengundang pakar bahasa untuk
mejelaskan ini semua, he..he.., yang jelas kita harus cerdik mencari
yang khas.

Mudah-mudahan tayangan tundanya minggu depan, saya akan infokan kalau
udah dapat SMS dari Modernisator, silahkan dicheck di Google
modernisator,
Modernisator didrikan oleh Dino patti Djalal, Emirsyah satar, Chatib
Basri, Sandiaga Uno dan lain-lainnya.

Sekali lagi Terimakasih banyak dan sukses buat sanak saudara semua.,
Wassalam,
Elthaf