@ Mas Bowo, Terimakasih infonya. Lumayan juga besarnya kalau 0 Scale begitu,
krn yang banyak ditangan KM & L kan H0 Scale, 1:72. Memang kalau mau
mengembangkan, rasanya memang harus berani "jalan sendiri", tidak menunggu
pabrikan luar, karena kereta model banyak dijual sekarang ukurannya kan
merujuk ke standard gauge.

@ Pak Saaf, jadi dengan informasi mas Bowo ini, concern pak Saaf sudah
terjawab, bahwa kita bisa membuatnya. Cuma tinggal menjawab pertanyaan pak
Saaf:  *"Tapi: sia nan amuah manginvest untuak iko ?".*

*[Catatan, kalau yang saya baca2, hukum "Supply creates its own
demand"  mungkin tidak pas untuk ini - kalau menurut saya. Karena "its own"
yang dimaksud dalam Say's Law itu bukan menciptakan pasar untuk "dirinya
sendiri", tetapi "pengikut/ demand terhadap produk lain yang diciptakan oleh
produk pertama itu]*

Tetapi, hukum ekonomi apapun yang akan dipakai, tentu tergantung pada "Tapi:
sia nan amuah manginvest untuak iko ?" itu.

Riri
Bekasi, L 46

____________________________________________________________________________________________
2009/3/9 Mighty Bowo bowo.mig...@gmail.com

Replika miniatur E10 ada kok, Cuma sekarang posisinya dimana saya kurang
tahu, dahulu di awal2 tahun 2003an pernah ada pameran model2 kereta yang
terbuat dari logam yang dilaksanakan di Stasiun Surabaya Pasar Turi, skala
cukup besar sekitar 1:40-an, keseluruhan koleksi yang dipajang asli buatan
tangan, karena hampir keseluruhan lokomotif2 uap dinegara kita ini custom
build, jadi ita tidak akan bisa berharap banyak ada pabrikan besar yang
membuat replikanya seperti lokomotif2 uap di eropa dan amerika sana,

Pembuat replika E10 ini kalau tidak salah sudah meninggal dan kini usaha
pembuatan replika tersebut dilanjutkan oleh anaknya, tinggalnya di dekat
Stasiun Kertosono, Jawa Timur, harga jualnya berkisar 10-30juta, tergantung
tingkat kesulitannya. Dahulu saya memfoto replika E10 ini, Cuma kok saya
cari2 filenya tidak ada, mungkin next time kalau sudah ada fotonya saya
upload kesini. Yang saya tahu salah satunya adalah seri D52 yang sekarang
terdapat di ruang KS stasiun Bandung. Hanya saja model2 ini bener2 replika
saja bukan yang seperti yang teman2 miliki di klub Kereta Model dan layout,
karena E10 replika ini tidak bisa jalan alias hanya pajangan statis saja.

*Regards*

* *

* *

*Mighty Bowo*