Da Nof dan Seluruh Dunsanak,.

Bupati tanah datar dan seluruh jajarannya boleh dimasukan dalam hitungan daerah
dengan motivasi tinggi untuk pembangunan pariwisata dan infrastruktur lainnya
di Sumatra Barat.

Sudah hampir 6 bulan ini saya berinteraksi dengan pemerintah tanah datar dan
juga tentu masyarakatnya dalam berbagai kesempatan. Kalau kata masyarakt tanah
datar bilang " Bupati sekarang membuat jalan halus sampai nagari nagari'.

Sekali waktu pernah salah satu direktur di Depkominfo menelpon saya mengatakan
"Nal saya sedang mengatur pembagian Mobil pintar depkominfo untuk beberapa
daerah diindonesia, kamu punya usulan daerah mana yang bagus untuk menggerakkan
ICT ?"

Jujur saya sering sekali mendapatkan hal ini dari beberapa orang minang
pengambil keputusan yang saya kenal baik, namun kadang saya pun bingung
menentukan daerah mana di sumatra barat yang pantas mendapatkannya, karena hal
ini tentu dengan komitmen untuk pengoprasian, perawatan dan maintenance serta
harus melakukan report secara berkala.

Entah kenapa, benar atau tidak beberapa orang Minang yang memegang posisi kunci
sering kali malas memberikan bantuan ke Ranah karena beberapa faktor sehingga
akhirnya beberapa peluang pun terlewatkan.

Akhirnya keputusan saya ambil, saya katakan berikan ke pemda tanah datar,
allhamdullilah pak bupati nya tageh, gigih dan punya komitmen tinggi.

Allhamdullilah tanggal 21 januari 2009 bantuan resmi diberikan sebuah mobil ICT
dengan harga 1Milyard rupiah untuk pemda tanah datar yang akan digunakan untuk
sosialisasi kepada masyarakat di daerah Rural Area.

Tidak berselang lama, saya kembali ditelp "Nal ada bantuan hibah dari Asia
Pacifik Teknologi sebesar 130.000 USD untuk pengembangan ICT didaerah rural
area" punya ide daerah mana yang bagus untuk dijadikan pilot percontohan ?

Kembali saya katakan 'Berikan ke Pemerintah Daerah Tanah Datar", waktu itu saya
ditantang untuk membuat materi presentasi tentang pemda tanah datar dan
meyakinkan pihak APT bahwa tanah datar layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Akhirnya awal febuary 2009 pihak APT menerima presentasi pemerintah tanah datar
yang saya berikan dan layak mendapatkan hibah 130.000 usd untuk pembangunan ICT
di Tanah Datar.

Allhamdullilah tahun 2009 pemerintah tanah datar mendapatkan bantuan tidak
kurang 2,5 Milyard dibidang ICT untuk daerah rural area.

Jadi cerita tentang Christine Hakim dibawah ini saya bisa yakinkan kebenarannya
karena emang pemerintah daerah tanah datar sangat pandai menghormati tamu.

Saya kira Bupati Tanah Datar bisa di dorong sebagai salah satu Gubernur Sumatra
Barat periode berikutnya.

Semoga akan trus bertambah daerah daerah di Sumatra Barat yang berbenah di era
otonomi daerah ini.

Salam Hormat
Ronal Chandra