Mak Ngah dan Dunsanak Kasadonyo,

Sato nimbrung nan ciek iko. Utk Peta sungai2 iko sabananyo bisa lgs ke
Direktorat Geologi di Bdg. Ada utk seluruh Indonesia. Bisa minta dlm berbagai
skala, bantu administrasi utk ongkos lichdruk nya. Dg karateh transparan,
tingga kito ikuik'i sajo aliran2 sungai tsb sehingga akan kalua pola aliran
sungai2 tsb. Dan biasonyo banyak urang nan akan taloncek dan cameh mancaliek
banyaknyo aliran sungai dikampuangnyo, khususnya di Sumbar... Krn sehari-hari
yang diliek cuman batang aie nan ciek nan lalu dimuko rumahnyo sajo nyo...:)
Padahal, satu sungai tsb berasal dari BELASAN bahkan PULUHAN hulu sungai di
perbukitan sana...

Sepuluh tahun lalu, ambo pernah lakukan utk Kec. Sungai Pagu, Solok Selatan.
Ambo walaupun sdh tidak konsentrasi lagi sbg geologist tetap "tagalinjek"
melihat kenyataan yg seolah-olah ada didepan mata. Ternyata Batang Suliti yg
melalui Jeram Ambaian tsb berasal dr puluhan sungai2 dihulunya. Kalaulah
Ambaian tsb di "pakok" alias di DAM, hilang kampuang ambo tarandam jadi
Jatiluhur...:) Bisa-bisa jadi transmigran urang kampuang ambo...

Kembali ke isu Galodo. SALAH SATU penyebab lain dari Galodo tsb adalah
penebangan pohon dan penebangan liar di perbukitan2 di hulu-hulu sungai.
Biasanya pada lupa dan TIDAK BERSIH dlm melakukannya sehingga ranting2 dan
bahkan bbrp bagian pohon2 tsb dibiarkan saja tergeletak begitu saja. Atau
menggelinding ke bawah lereng ketika hujan deras...

Kontur kita di Sumbar berbukit-bukit dan bergunung-gunung, membentuk PERBUKITAN
BERLAPIS yg membentuk celah "V". Bisa dipastikan sebagian besar dicelah V tsb
akan SELALU menjadi tempat terbaik utk aliran air, baik kecil maupun besar...
Celakanya, di bbrp lokasi terjadi penyempitan2 atau bottle neck...

Bekas2 tebangan pohon, cepat atau lambat akan masuk ke celah V, hanyut dan
tersangkut pd titik2 penyempitan. Lalu menumpuk dg hanyutan berikutnya. Kalau
semakin lama semakin banyak yang nyangkut dan menumpuk, akan terjadi
penghambatan aliran air. Debit air yg tertahan dicelah sempit tsb, bisa besar
atau kecil saja tergantung kekuatan "kotoran pohon" dan berbagai "bahan
hanyutan" lainnya yg jd penghalang. Satu sungai saja dari arah puncak bukit,
bisa terjadi penumpukan ini di banyak celah-celah sempit di bbrp lokasi yg
potensil utk itu.

Nah, jika terjadi curah hujan yang agak besar atau hujan biasa2 saja, pada
TITIK TERTENTU, "hambatan kotoran" atau "sumbatan" itu tadi tidak bisa
bertahan. Jika satu jebol, akan terjadi EFEK DOMINO kebawah. Bayangkan jumlah
debit air yang akan "mahondoh" kabawah. Kalau jumlahnya luar biasa besar akan
melimpah keluar jalur aliran sungai krn sungai tsb terlalu kecil menampung
debit air TIBA2 tsb. Itulah yang dinamakan GALODO di Sumbar. AIR BAH ditempat
lain... Bencana SITU GINTUNG di Jakarta...

Nah, kalau kita sudah mendapat peta dan melihat pola aliran sungai utk kampung
kita sendiri, ambo khawatir banyak dunsanak awak di Ranah nan indak akan bisa
lalok tanang. Krn penebangan liar di Sumbar, KATANYA cukup banyak dan agak
mengkhawatirkan...

Salah satu cara utk antisipasi agar jangan terjadi penumpukan ini, harus ada
yang RAJIN memonitor ke hulu-hulu sungai yang biasanya dicurigai dan berpotensi
utk terjadinya penumpukan2 air di celah-celah sempit tsb. Tidak mudah
emang...:) "Peladang" atau penduduk yang suka ke hutan, biasanya tahu tuh
status "situ-situ" kecil tsb diatas sana. Krn tanpa penebangan liar pun,
peluang terjadinya penumpukan air ini di hulu-hulu sungai, tetap ada. Dan itu
yg berpotensi jadi siklus sekian tahunan. Tp kok lah banyak bana nan maliang
kayu, gak ada lagi tuh yg namanya siklus2 itu tadi. "Nan diateh" nan
makin berang dan menghukum daerah tsb: "Kenapa kalian tidak bisa merawat,
memanfaatkan dan mengawasi dg baik karunia alam yang telah aku berikan..." kata
Allah SWT...

Suka atau tidak, kita di Sumbar, hidup diatas RIBUAN PATAHAN kecil dan besar yg
SELALU BERGERAK TERUS, setiap hari, sejak JUTAAN tahun lalu. Dan tidak akan
pernah berhenti selama Bumi masih berputar...! Itulah yg akhirnya membentuk
kontur2 KEINDAHAN ALAM Ranah Minangkabau. Daerah yg aman dan resiko rendah
seperti Kalimantan, bagian timur Sumatera atau bagian utara pulau Jawa,
cenderung rata saja. Viewnya biasa-biasa saja. Itulah bukti lain bahwa Tuhan
tsb memang MAHA ADIL...

Mohon maaf jika ada yg kurang tepat. Kawan2 pemeduli lingkungan dan para
geologist lebih tahu lah ttg ini. Kurnia, mungkin bisa nambahin sharingnya jg.
Setidaknya membantu memberi kesadaran terus menerus kepada masyarakat. Mohon
bantuan kawan2 media di Sumbar utk selalu menghimbau masyarakat ttg hal ini.
Utk selalu mengedukasi masyarakat dg harapan mengurangi resiko Galodo. Di
Padang bisa kontak Pak Ade Edward, Kepala Pusdalopsp Sumbar utk lebih jelasnya
(ambo bcc jg sobat ambo itu disini). Beliau mestinya punya peta tingkat resiko
tsb di Sumbar. Mari kita bantu sosialisasikan pemahaman isu Galodo ini ke
komunitas2 kampung kita sendiri. Apakah ada hasil atau tidak, urusan ntar
lah...Semoga berkenan. Terima kasih.

Wassalam,
Nofrins
www.4r5lb.west-sumatra.com

NB: Salam dari Cirebon. Lg "study banding" nih sembari menemani istri belanja
Batik Trusmi Cirebon. 2 minggu lalu kita jg hunting Batik ke Pasar Beringharjo,
Yogya. Maksud saya, kita di Sumbar jg punya Batik Tanah Liat dan Batik Arang,
kenapa kok masih eksklusif ya...? Knp kok gak didorong utk diproduksi massal
utk perekonomian rakyat dan Pariwisata...? Knp klo hanya Pejabat yg pake dan
cuman bbrp org saja, kita sudah happy sih...:) Kapan di Sumbar ada Pasar Batik
Tanah Liat..? Pasar Batik Arang..? Kalau eksklusif dan mahal terus, kapan awak
sbg rakyat sanggup belinya ya...;)) Kapan "wisatawan hemat" yg jumlahnya besar
sekali bisa membawa pulang sbg oleh-oleh dari Ranah Minang...? Aah udah ah,
nanya mulu nih ah...;)