2009/4/16 Arnoldison <arn...@spij.co.id>:

> Saya  mengkomentari  tentang masalah ghaib ini, bahwa kata ghaib dalam
> surat  al  baqarah itu lebih merujuk pada bentuk persyaratan pengakuan
> bahwa  panca  indera  kita  tidak bisa mendeteksi semua yang berada di
> alam  raya  ini, namun dengan merujuk pada rukun iman maka mempercayai
> hantu tidak termasuk dalam rukun ini.

Pertanyaan saya kan belum dijawab. Apakah kita sepakat bahwa padanan
"supranatural" dalam Islam adalah "ghaib"? Kemudian perlu diperjelas
istilah "hantu." Apakah "hantu" itu termasuk jin? Karena keberadaan
jin telah dikabarkan dalam al-Qur'an dan hadits yang shahih.

Namun, jika yang dimaksud dengan hantu adalah roh orang mati yang
gentayangan maka hal seperti memang tidak ada dalam Islam karena orang
Islam meyakini bahwa orang yang telah mait akan masuk ke alam barzakh,
bukan seperti alam duniawi yang kita tempati sekarang.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet