Ass. Wr. Bb.
Kalau dari sisi orang minang memang anak menurut garis keturunan ibu, tapi
dari sisi orang betawi dia menurut keturunan bapaknya. Dan kalau menurut
saya ini berlaku kalau mereka tinggal di minangkabau. Tapi kenyataannya
mereka tinggal dirantau, Jakarta, dimana katanya berlaku "adat diateh
tumbuah, dimano bumi dipijak disinan langik dijunjuang" artinya hukum yang
dipakai ialah yang ada ditempat itu, dan ini juga berlaku untuk harta yang
ada ditempat itu.
Saya juga mau tanya, seberapa besar peran mamak di minangkabau untuk jaman
sekarang ini, apakah hanya sebagai orang yg akan menikahkan kemenakannya
saja. Karena menurut saya yg juga lahir dan besar di Minangkabau, kalau kita
sejak lahir di besarkan dan dibiayai oleh orang tua sendiri tanpa campur
tanggan mamak kenapa mesti mamak ikut campur dalam urusan menikahkan kita,
khan cukup orang tua saja.
Satu lagi masalah pembagian warisan, apa dasarnya anak laki2 tidak dapat
bagian dalam adat minang, padahal katanya "adat basandi sara', sara' basandi
kitabullah". Kalau kita berpedoman ke Kitabullah justru anak laki2 dapat
lebih besar. Kok bisa2nya penghulu2 adat di  Minang membuat aturan yang
bertentangan dengan Al Quran. Apa meraka lebih tahu dari Allah mana yang
lebih baik untuk anak kemenakan mereka.

Salam,
Farros

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet