Assalamualaikum w.w. Nanda Iffah,
Saya tidak beruntung dalam masalah pertanian ini, karena saya lahir dan besar
di kota kecil Padang Panjang. Sampai sekarang saya tak bisa menanam,
memelihara, atau memanen hasil-hasil pertanian. Puisi Nanda ini sudah
memberikan gambaran betapa asyiknya hidup menjadi petani.Untuk itu saya ucapkan
terima kasih.
Namun saya senang dengan alam desa, udaranya segar, pemandangannya hijau, dan
penduduknya ramah. Saya bisa merasakan kebahagiaan petani. Sewaktu menjadi
mahasiswa Kementerian Dalam Negeri di Yogyakarta, saya juga senang berkeliling
ke desa-desa.
Semasa kecil saya sangat gemar naik sepeda Ayah saya dari Padang Panjang ke
Batu Tebal di pinggir danau Singkarak, cukup meluncur saja, melalui berbagai
desa dan sawah ladang yang luas terbentang. Pergi pagi dan pulang naik kereta
api sore.

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(L, masuk 72 th, Jakarta; Tanjuang, Soetan Madjolelo; Lagan, Kampuang Dalam,
Pariaman.)
"Basuku ka Ibu; banasab ka Bapak; basako ka Mamak"
Alternate e-mail address: saaf10...@gmail.com;

saafroedin.ba...@rantaunet.org