Dear all,

Sebagai tambahan, bagaimana caranya kita me edukasi pelaku pariwisata di negri
kita, untuk memperlakukan wisatawan sebagai raja.
Kenapa saya melontarkan masalah ini, karena beberapa kali saya melihat,
masyarakat yang terlibat di daerah pariwisata sering membuat bingung para
wisatawan dengan saling rebutan menawarkan jasa.
Saya akan memberi contoh, minggu lalu saya ke Bromo, dan apa yang saya
dapatkan, saya merasakan kalaau saya serasa dimanja oleh masyarakat yang
terlibat dalam pariwisata :
1. Hotel, karena puncak Bromo sangat dingin, mereka menawarkan jaket yang cukup
tebal, tapi antara yang satu dengan yang lain tidak saling rebutan menawarkan .
(kalau sudah satu orang ada yang menawarkan ke wisatawan, yang lain tidak akan
ikut nimbrung, jadi enak untuk menawar harga)
2. Tour guide/ transportasi ke penanjakan, driver akan menunggu dengan sabar
sampai saya selesai melakukan aktivitas, tapi dengan menerangkan batasan waktu
ketempat lain, kalau ingin mendapatkan moment2 yang lain.dan akan menawarkan
spot2 indah unuk dilihat.
3. Hal yang sama dengan poin satu saya dapatkan saat akan melakukan pendakian
ke kawah Bromo, penawar jasa angkutan kuda juga tidak saling rebutan menawarkan
jasa.
4. Ada satu kejadian kuda yang di tunggangi teman saya, tali pelana sempat
putus, akibatnya, teman saya jatuh dari kuda.di sini yang saya salut, teman2
pemilik kuda yang lain, sangat menyayangkan kejadian itu (saya dapat info dari
teman yang mengerti bahasa setempat), yang intinya, "kenapa hal yang memalukan
ini bisa terjadi, apa sebelum berangkat tidak di cek ulang kondisi peralatan,
tolong bapak itu di service lebih lanjut, jangan sampai dia kecewa (translate
bebas dari teman saya) ,
                   Waaaaaawwwww.. luar biasa kan"
Mudah2an kita semua bisa memberi support kepada masyarakat, agar wisatawan
betah ,terkesan akan suguhan wisata di Ranah Minangkabau.
Dan membuat kesan yang membuat mereka selalu ingin dan ingin kembali ke Ranah
Minangkabau
Mohon maaf kalau ada yang kurang pada tempatnya

Regards

Henri