From: suheimi ksuheimi <ksuhe...@yahoo.com>

Date: Mon, 20 Apr 2009 11:42:15
To: <piaman-la...@googlegroups.com>; <sma1...@yahoogroups.com>;
<RantauNet@googlegroups.com>; <satria_prihand...@yahoo.co.id>;
<renobu...@hotmail.com>; <irdhan...@yahoo.com>; <fora...@yahoogroups.com>;
<herlina_du...@yahoo.com>; <jaro...@yahoo.com>; <hariansinggal...@yahoo.co.id>;
<paramitha...@yahoo.com>; <irsyad_suhe...@yahoo.co.id>; <xan...@yahoo.com>;
<liputanpa...@yahoo.com>; <gebril_dau...@yahoo.com>; <sutanja...@gmail.com>;
<denas...@yahoo.com>; <youngst...@yahoo.com>; <faya...@gmail.com>;
<anggotai...@yahoogroups.com>; <rima_mey...@yahoo.com>;
<singgalang.reda...@gmail.com>; <irhamsuhe...@hotmail.com>
Subject: [...@ntau-net] INGIN FIT INGAT FIT

INGIN   FIT  INGAT  FIT
OLEH : K . SUHEIMI

Kesibukan saya hari ini Minggu  19 April, diawali Shalat subuh, terus senam di
Pekarangan Annur, dilanjutkan dengan latihan menari dan menyanyi,persiapan
Ultah Emas SMA 1 B Tinggi.
Sedang asyik latihan  dating bidan mengantarkan psien, sudah beberapa hari tak
kunjung lahir. Saya operasi lahir  bayi munggil laki-laki.  Kemudian kami
latihan menyanyi lagi. Datang lagi pasien dengan letak sungsang,  terpaksa di
operasi lagi  lahir bayi perempuan  semua  keluarga yang mengantarkan gembira
ria.  Itulah kerja saya setiap harinya..  Menolong pasien menikmati hidup.

Pagi ini saya diminta memberi ceramah di hadapan  ratusan peserta senam porpi
di lapangan  dan pekarangan Masjid Annur yang luas  dan bagus udaranya,
Saya lihat pelatihnya pak mardi usia 63 tahun bugar sekali dan fit.

Saya katakana pada peserta yang paling Fit badannya Pak Mardi. Lalu Pak Nazman
yang berusia 70 Tahun ketua Porpi Cabang P Baru, kemudian pak Muslim yang di
usia 73 tahun masih lioncah.

Saya ajak peserta  jika ingin  Fit seperti Pak Mardi, lakukan pula yang seperti
beliau lakukan.
saya mulai dengan mengatakan.:”Bila ingin Fit Ingatlah Fit. Kerna Fit itu
adalah singkatan dari frekuensi.. Intensitas dan Time”
frekuensinya minimal Olahraga tiga kali seminggu, secara teratur, alangkah
lebih baik jika  bisa tiap hari sebagai yang dilakukan Porpi, dengan semboyan
tiada pagi tanpa Porpi..

Intensitas adalah keras atau ringannya sebuah latihan, semakin keras satu
latihan tentu semakin besar efek yang di dapat, namun ini di sesuaikan dengan
umur  dan  pemula atau atlit yang telah terbiasa. Semakin lama seseorang
berolah raga  maka intensitas  latihannya semakin tinggi pula.
Nah keuntungan Olah raga Porpi terletak pada penyesuaian organ tubuh terhadap
beban latihan.
Makanya kalau kita tilik  Olahraga Porpi  diawali dengan stretching, peregangan
Otot, kemudian, ditingkatkan jadi warming up pemanasan. Jika sudah panas dimana
jantung dan paru-paru mulai terpacu, dianjutkan dengan pick up  puncak kekuatan
otot dan puncak latihan  serta puncak beban jantung dan paru-paru,  setelah itu
 dilakukan warming down, dialhoir dengan  cooling down.
Kurva intensitas  seperti parabola ini  penting sekali untuk otot, paru-paru
dan jantung  sehinga  terbentuk  badan yang sehat dan bugar.

"Intensitas bisa dihitung melalui denyut nadi dalam semenit ketika melakukan
olahraga. Banyaknya denyut nadi sangat tergantung pada usia seseorang. Namun,
tidak boleh kurang dari 60 persen dikalikan 220 dikurangi umur, dan tidak boleh
melebihi 80 persennya. Jadi, seseorang yang berumur 60 tahun denyut nadi yang
diperbolehkan adalah 96 sampai 128 kali dalam semenit. Jika kurang atau
melebihi angka tersebut, berarti intensitasnya tidak tepat,"

Time lama waktu yang dicapai dalam satu o r adalah dalam melakukan olahraga
harus mencapai 45-60 menit

Banyak orang tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Namun, lebih banyak lagi
orang yang enggan berolahraga dengan alasan tidak sempat, sibuk, malas, atau
merasa badannya sehat-sehat saja.

Padahal, begitu seseorang mencapai usia 30 tahun, mulai terjadi penurunan pada
massa otot tubuhnya. Jika mereka tidak berolahraga, penurunan itu tidak bisa
dicegah atau diperlambat.

Penurunan massa otot dari usia 30 tahun sampai 70 tahun bisa mencapai 40
persen. Makanya, banyak orang yang pada masa tua tubuhnya jadi mengecil.
Respons tubuh berkurang, bahkan untuk jalan pun tertatih-tatih,

Salah satu tanda orang yang massa ototnya berkurang adalah tidak bisa memotong
kuku kakinya sendiri. Kalaupun bisa, dia harus melakukannya dengan susah payah.
"Kadang-kadang dia juga tidak bisa melompati genangan air, walau hanya genangan
yang kecil dan sempit saja,

Kemudian jika frekuensinya kurang, yang didapat hanya kegembiraannya saja,
sementara kebugarannya tidak didapat. Akibatnya, walau merasa sudah olahraga,
tubuhnya tidak sesehat yang diharapkan.

Selainmenjaga massa otot, olahraga juga bisa membantu pencegahan timbulnya
berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, jantung koroner,
obesitas, osteoporosis, dan kolesterol tinggi.

Saya tutup ceramah itu dengan melakukan sorak gem,bira   Ha  He  Hi Hpo  Hu
dan ditutup senam pagi tadi dengan memanjatkan do’a  agar kami semua diberi
kesegaran dan kebugaran  dengan semboyan tiada pagi tanpa porpi

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al qur'an

Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan
kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki
dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah
mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan
tipuan belaka. (QS. 17:64)

Masjid Annur  19 April 2009

      Mulai chatting dengan teman di Yahoo! Pingbox baru sekarang!! Membuat
tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah.
http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet