Assalamu'alaykum ananda Suryadi,
Selamat di negeri urang, baa kaba keluarga kini?
Hebat Minangkabau tu.
Perempuannya perkasa,
mampu menjadi pembina keluarga,
bahkan mengatur perang,
dan juga ekonomi keluarga,
Kita berbangga diri menjadi anak Minangkabau...
Lebih hebat lagi ..
di Minangkabau dalam banyak kasus ...
anak-anaknya tetap maju
di kala ibu (mandeh)nya masih hidup...
tapi seringkali takucawai ketika mandenya sudah meninggal ...
dan si ayah pindah rumah ke suku lain ...
baik juga adat kita yang membuat aturan
"silieh lapiek" ...
walau sekarang sudah jarang dipakai ...
ananda ingat dalam buku-buku catatan...
terserak banyak di KITLV ...
bahwa perempuan Minangkabau mendorong
dan menjadikan anaknya bertitel tinggi-tinggi ...
walau sang ayah sudah tiada ...

kesadaran akan pentingnya ilmu
mulai diajarkan oleh perempuan Minangkabau
Rohana Kudus, Rahmah el Yunusiyah, Rasuna Said,
dan banyak lagi yang lainnya,
mereka menjadi pembangun "pee keh keh" itu,
tidak sekedar "perempuan kurang kerja"...
tetapi rasa tanggung jawab bernagari dan berbangsa,
mungkin ada orang yang enggan mengakui,
ini adalah substansi ajaran agama ISLAM,
yang teguh mereka anut,
dan adat yang kuat mereka pegang teguh ...
karena itu barangkali di negeri kita,
perempuan yang sudah bersuami itu
dipanggil dengan panggilan Rangkayo,
penghormatan apa kiranya yang tersirat disana.???
apakah hanya sekedar limpapeh rumah nan gadang ...???
Wallahu a'lam ananda...

Terimakasih pencerahan ananda,

Kemarin 20/04/09 Pemda Prov.Sumbar
mengadakan pelatihan Bundo Kanduang
Buya diminta ikut memberi beberapa pandangan,
di antaranya Buya katakan ...,
jangan jadikan bundo kanduang organisasi
berhaluan politik,
tapi jadikan kembali bundo kanduang
berperan membangun nagari...
berperan membuat generasi dengan nilai-nilai ..
PADUSI = PADU ISI nya ...,
bukan "pa ado si anu jo si anu.."
yang hanya berisi gossip

dan ingat ananda,
ada kakobeh nan di larang adat dan agamo di Minangkabau,
tantu agamo Islam, ananda
dulu sangat dicaci,
antahlah kini kok lai juo ...
anak padusi indak bulieh duduak di muko pintu...
apo lai di janjang ...
apo koh garangan ananda...
mukasuik larangan tu ...
barangkali dalam pemahaman Buya yang singkat ...
dalam maknanyo...
menjaga marwah ...
dan tidak sekedar limpapeh (ramo-ramo) di rumah gadang ...
kini, janggal rasanya ketika Kerapatan di Nagari-nagari
Bundo kanduang indak di baok sato...
di siko salahno awak kini ...
baa ko lah ananda ...???

Wassalam
BuyaHMA

--
Allahumma inna nas-aluka ridhaa-ka wa al-jannah, wa na'uudzu bika min
sakhati-ka wa an-naar

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet