Alhamdulillah saya bisa jadi sopir angkot. Sopir itu adalah pemimpin, dia
mengendalikan. Dengan leluasa saya bisa mengendalikan stir, mau kekiri atau
kekanan dan bisa membawa penompang kemana yang  diinginkannya.
Cuma yang sekali ini luar biasa, karena penompangnya semuanya orang penting.
Suka mengatur dan memerintah, dan semuanya merasa kepentingannya yang harus di
dahulukan dan di utamakan.

“Harus ke Sungai Tanang”   kata ifah dg  mengemukan berbagai alasan., dia
sangat pandai berkilah
“Ke Batu sangkar “  kata RA  serentak berdua jepe dg alasan yang tak kalah
kuatnya
“Tidak kita harus ke  Bukareh”  kata Monem dg mata terbudur dan suara bagaikan
petir..  “Dimana tempatnya itu” kata  penumpang serempak. Dikira ke Bukarest
ibu kota Polandia.  Ternyata Bukareh itu di kamang Magek daerah Tilatang.

“Elthaf memohon dg ber iba-iba, agar  Balai gurah dulu”, kerna neneknya sakit

Semua tak mau mengalah, walaupun sudah saya katakan , “sabarlah  semua
kebagian, semua akan saya antarkan, biarlah say nanti yang terakhir pulang”.

Namun ucapan saya itu hanya bagai angin lalu tak ada yang mau peduli, pokoknya
mereka ber sitegang urat leher  memperagakan bahwa dialah yang paling penting.

Saya pusing dan bingung mana yang mau di dahulukan?

Tiba-tiba naik seorang ibu hamil tua,  menyeringit kesakitan. “Tolong saya pir,
antarkan saya ke bidan. setiap 3 menit sakit ini datang, tanda-tandanya sudah
banyak keluar”, dia mau melahirkan.

Belum sempat saya menancap gas, tiba-tiba si ibu itu mengerang kesaklitan dg
kuat dia mengedan. Mobil saya pinggirkan. Untuang ada ifah satu-satunya
penompang perempuan.
“Ayo ifah kita tolong ibu ini melahirkan di atas oplet ini”. Ifah mengangguk
tapi dia bingung. “Pak bayinya mantiko, teriak ifah”. “Mantiko  bagaimana”
tanya saya keheranan.
“Lihatlah kata Ifah, belum lagi lahir  “awak lah di songgengannyo”. Rupanya
letak sungsang., pinggulnya dulu keluar
Memang bayinya  mantiko. Belum lagi lahir  kita disonggengnya sambil
mengeluarkan semua isi perutnya melalui dua lobang kecil. Baju putih saya
kecepretan. Baju putih yang tadinya mulus, sekarang tercemar  darah ibu
bercampur beool bayi.

Sambil bersitelakan Ifah menekan perut ibu, bayi saya lahirkan dengan menarik
pinggul  dan bahunya, akhirnya kepalapun lahir, bayi itu selamat, laki-laki
mirip si Monen.

Jepe dengan   sigap melap dan membersihkan baju putih saya. Sebagai kenek dan
stokar Jepe sangat sigap dalam bersih membersihkan ini. Dia selalu saya bawa
untuk bantu membantu.

Saya ingat 6 bulan yang lalu Jepe merengek minta agar dia diizinkan jadi
asisten saya waktu memeriksa dan menolong kelahiran. Entah kenapa dia ingin
sekali.
Keinginan itu rupanya terkabul, diatas angkot itu tabulalak matonyo menyaksikan
proses persalinan sungsang. Capek dilap dan dibarisiahkannyo  darah dan air
ketuban dan ado di anak ataupun nan malakek dek ibu. Sanang bana hati ibu itu
ka Jepe nan capek tangan dan capek pulo muncuangnyo.

Memang sebagai kenek soal barasiah mambarasiahkan ko  jepe jagonyo. Namun Jepe
babasiak.
“Panompang awak ko banyak pula nan alun barasih hatinyo pak”.
“Jadi ka Jepe barisiahkan pulo hati nyo Tu ?” jawab saya.
 Dengan mata berlinang Jepe mengangguk. “Hati ndak barasiah tu kumuah pak, hati
kumuahtu busuak baunyo. Urang nan punyo hati tu di sabuik busuak hati” kecek
Jepe magiah ceramah.
Sekarang saya yang gantian  mengangguk membenarkan ucapan Jepe.
“Ada nan ingin manang sorang, ado pulo nan suko malecehkan,  ado nan suko
manyigi kakurangan urang, tapi kok di suruah bana inyo keok.  kok manilai capek
bana. Dan ado pulo nan tukang ci meeh, nan mamatahkan sumangaik nan lain”
Anggukkan kepala saya makain dalam. Dalam hati saya berdo’a  agar Niat baik
Jepe untuak  barasiah mambarasiahkan ko   jadi kasampaian.
.
Elthaf nan biaso jadi bujang salamaik, nan tahu bana jo semua penumpang  tempat
tinggal dan kurenahnyo. Menyelamatkan kami.

“Nan partamo diantakan pulang  ibu-ibu nan baru melahirkan” kata Elthaf
berwibawa.. “Nan kaduo Ifah, ka sungai tanang, lady first” , “nan ka tigo Monen
di bukareh sakalian elthaf di Balai gurah, nan terakhir R A jo konconyo Jepe ka
Batu sangka.” Semua setuju

Tibo-tibo Monen mamakiak dari bulakang. “Pak sopir  sia namo ibu-ibu nan
malahirkan Cako”. “Lupo ambo, tapi katiko nyo mamakaik kasakitan “Tolong
dewi... pak”
Mungkin Dewi ko  namonyo. Jawab saya

Waktu pulang kandang saya belai oplet itu.  Saya bisikkan padanya, hari ini
kita menambang membawa orang penting di rantau ini.  Dan yang terpenting kamu
telah membawa dan menolong Dewi.

Dewi itu yang terbaik, kalau tidak tentu tidak Dewi namanya. dan orang baik itu
sering dilapangkan dan di tolong Tuhan.
Engkau sendiri Oplet , semua sopir  mengatakan adalah suatu keberuntungan bila
ada orang melahirkan di atas oplet

Saya bunyikan klakson oplet tua itu, bunyinya serak-serak basah, walaupun sudah
tua  tapi masih kuat menanggung beban.

Salam teriring do’a

K Suheimi