Gamawan di Balik "SBY Ber-Boedi"

Sabtu, 16 Mei 2009

Deklarasi pencalonan SBY-Boediono sebagai Capres dan Cawapres 2009-2014
berlangsung meriah di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung,
Jumat (15/5) malam. Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi atas nama pribadi
dipercaya membacakan empat lembar nota deklarasi.

Sekitar pukul 11.25 WIB kemarin, Gamawan Fauzi dihubungi Sekretaris Kabinet
Sudi Silalahi yang mengatakan naskah deklarasi yang akan dibacakannya sudah
final. Gamawan melalui orang terdekatnya sekitar pukul 11.29 WIB bergerak ke
markas tim sukses SBY-Boediono di salah satu ruangan di Hotel Sheraton
Bandung, untuk menjemput naskah itu.

Jelang shalat Jumat, sekitar pukul 12.00 WIB, naskah yang berisikan
pernyataan dukungan penuh terhadap pasangan SBY-Boediono tersebut diterima
Gamawan di tempatnya menginap, Hotel Santika Bandung. Lembaran bersejarah
itu tidak mencantumkan jabatan Gubernur Sumbar, tapi hanya tertulis nama
Gamawan Fauzi.

"Alhamdulillah, saya dipercaya menjemputnya ke Sheraton. Berkas itu
diberikan melalui Pak Denny Indrayana (staf khusus presiden bidang hukum,
red)," kata sumber Padang Ekspres, usai shalat Jumat, kemarin.  "Slogan "SBY
Ber-Boedi" ternyata juga usulan Pak Gamawan," tambahnya. Selain Gamawan,
juga hadir tokoh Sumbar seperti Djufri (Wali Kota Bukittinggi yang juga
Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar), Marlon Martua (Bupati Dharmasraya), Suir
Syam (Wali Kota Padangpanjang), Darius Apan (Bupati Sijunjung), dan Nasrul
Abit (Bupati Pesisir Selatan).

Tokoh Terpilih

Sebelumnya, pada Selasa (12/5) lalu, tepatnya usai membuka Musyawarah
Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2009 di Hotel
Bumikarsa, Jakarta Selatan, SBY melalui Sudi Silalahi menghubungi Gamawan
agar datang ke Istana Negara. "Gamawan pun datang. Tapi waktu itu tidak
terlintas di pikiran Pak Gamawan kalau akan menjadi bagian dari tim sukses
ring satu SBY-Boediono pada Pilpres mendatang. SBY mengharapkan dukungan dan
mengajak bergabung," kata orang terdekat Gamawan yang ikut bertolak ke
Bandung dan menjemput naskah deklarasi. Mantan Bupati Solok dua periode itu,
diharapkan membacakan empat lembar nota deklarasi pencalonan SBY-Boediono
sebagai Capres dan Cawapres.

Usai deklarasi tadi malam, Gamawan Fauzi buka kartu juga terkait dipilihnya
ia oleh SBY sebagai pembaca naskah deklarasi dukungan pada pasangan
SBY-Boediono. "Pak Gubernur, saya ingin Pak Gubernur membantu mengendorsment
(mendukung) deklarasi saya," ujar SBY seperti dikutip Gamawan. "Tapi, saya
kan bukan orang partai Pak," jawab Gamawan. "Ini bukan dari orang partai,
tapi dari rakyat Indonesia," kata SBY lagi. Selain SBY, pada pertemuan
tertutup itu hadir Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Sudi Silalahi, Jubir
Kepresidenan Andi Mallarangeng, Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Denny
Indrayana dan Sekretaris Pribadi Presiden Kurdi Mustofa.

Setelah mempertimbangkan banyak hal, Gamawan Fauzi yang sejak 13 Mei hingga
25 Mei mendatang cuti, akhirnya menerima permintaan tersebut. "Jujur, saya
tidak ada kepentingan pribadi di sini. Ini murni saya lakukan untuk
masyarakat Minangkabau dan Sumatera, agar semakin terangkat jika Pak SBY dan
Boediono terpilih," kata Gamawan melalui ponselnya tadi malam.

Langkah Menguntungkan

Banyak kalangan yang mempertanyakan langkah Gamawan Fauzi terkait langkahnya
merapat ke kubu SBY, terutama dari PDIP yang notabene mengantarkannya
menjadi Gubernur Sumbar bersama PBB. "Kalau PBB, tadi saya sudah ketemu Pak
Ka'ban (Ketua Umum PBB, red) dan Ia mendukung keputusan saya. Sedangkan PDIP
memang saya tahu ada sejumlah elitenya yang kecewa dan itu saya maklumi.

Lagi pula, secara pribadi, di saat-saat seperti ini tentu saya punya banyak
pertimbangan dan harus memilih. Apalagi, baik Bu Megawati (Ketua Umum PDIP)
dan Pak JK (Jusuf Kalla) tidak pernah mengajak saya untuk bergabung," beber
Gamawan. Langkah Gamawan Fauzi itu juga dinilai banyak kalangan cukup
berani, sekaligus ada untungnya bagi Sumbar. Sebelum Gamawan dipanggil,
belum ada tokoh Minang yang menonjol di kubu SBY-Boediono. Sedangkan di kubu
JK-Wiranto dan Megawati-Prabowo, banyak tokoh Minang di situ.

Soal isi paragraf akhir naskah deklarasi berbunyi "Kami atas nama rakyat
Indonesia menyatakan dukungan penuh atas deklarasi pasangan SBY-Boediono"
yang sempat menuai reaksi banyak kalangan, Gamawan membenarkan ia bersama
semua tokoh dari Sabang dan Merauke yang ada di pentas menyatakan kalimat
itu.  "Sebelum membacakan deklarasi, saya sudah baca per kalimat empat
lembar naskah itu. Kami yang ada di atas pentas menyatakan kalimat atas nama
rakyat Indonesia, bukan atas nama seluruh rakyat Indonesia. Apakah kami
bukan rakyat Indonesia," tandasnya. (esg)

http://www.padangekspres.co.id/content/view/36498/103/