Waalaikumsalam Wr. Wb.

Sanak Erizon, sekedar catatan dari ambo, yang ini bukanlah "Tujuh Keajaiban
Dunia" yang kita kenal selama ini. Perbedaan utamanya, kalau yang Tujuh
Keajaiban Dunia itu dinilai secara ilmiah, sedangkan yang ini berdasarkan
voting melalui internet.

Kebetulan awal bulan Mei kapatang ado dunsanak yang mengajak untuak mem-vote
di palanta RN ko, dan iko ambo copy jawaban ambo waktu itu
http://groups.google.co.id/group/RantauNet/browse_thread/thread/c5a58992a28f
49e3/ee17d8eba9840287?hl=id
<http://groups.google.co.id/group/RantauNet/browse_thread/thread/c5a58992a28
f49e3/ee17d8eba9840287?hl=id&lnk=gst&q=komodo#ee17d8eba9840287>
&lnk=gst&q=komodo#ee17d8eba9840287

Dear Linda,

Dari yang saya baca (waktu itu ini pernah juga rame dibahas di internet),
New 7 wonders . ini beda dengan Seven Wonders of the (Ancient) World. Pada
waktu pertama kali diumumkan, New . ini mendapat banyak reaksi, termasuk
dari Unesco yang mengatakan: "There is no comparison between Mr. Weber's
mediatised campaign and the scientific and educational work resulting from
the inscription of sites on UNESCO's World
<http://en.wikipedia.org/wiki/World_Heritage_Site>  Heritage List. The list
of the 7 New Wonders of the World will be the result of a private
undertaking, reflecting only the opinions of those with access to the
Internet and not the entire world. This initiative cannot, in any
significant and sustainable manner, contribute to the preservation of sites
elected by this public  (huruf tebal dan garis bawah dari saya)".

Berbeda dengan "Tujuh Keajaiban Dunia" yang dinilai secara scientific,  New
7 Wonders ." ini didasarkan kepada polling melalui internet. Jadi kalau
diibaratkan penyanyi, "Tujuh Kebudayaan Dunia" itu seperti Kris Dayanti yang

menang karena penilaian Juri Asia Bagus atas kemampuannya bernyanyi,
sedangkan New 7 Wonders ini ibarat alumni Indonesia Idol atau AFI atau
semacamnya, yang didasarkan kepada SMS yang masuk.

Jadi, kalaupun nanti misalnya Taman Nasional Komodo terpilih, itu adalah
karena merupakan "Forest, National Parks Nature Reserves" terbanyak di
voted, BUKAN yang terbaik konservasinya . (benar ga ya, kesimpulan saya).
Dengan kata lain, ini adalah prestasi voters melalui internet, bukan
prestasi pihak yang "membangun" ataupun "mempertahankan" Taman nasional itu

Kembali ke awal pendapat saya, kalau misalnya Instansi yang berkaitan dengan

Pariwisata yang "bersemangat", untuk saya itu masuk akal saja, karena ada
harapan obyke tersebut akan menhjadi banyak pengunjungnya. Tapi kalau Dephut

atau BKSDA .  ya aneh aja siy .