--- Pada Sen, 6/7/09, Darwin Bahar <dba...@indo.net.id> menulis:

Dari: Darwin Bahar <dba...@indo.net.id>
Topik: [...@ntau-net] Saya Kalah dari Indra Piliang, Bahkan Saya Kalah dari
Jusfiq Hadjar [*]
Kepada: rantaunet@googlegroups.com
Tanggal: Senin, 6 Juli, 2009, 8:24 PM

Pertama-tama saya mohon maaf kepada seluruh sanak kemenakan yang terganggu
dengan kutipan-kutipan pada posting saya ini, terutama yang menyangkut Jusfiq
Hadjar St Mardjo Lelo, yang bagi sebagian besar orang Minang sudah dianggap
bukan orang Minang lagi, karena sikap dan ucapannya yang selalu menghina dan
mengujat Islam yang dianut oleh sekitar 99% orang Minang, sehingga nama dan
pendapatnya sama sekali tidak pantas dibawa ke Palanta.

Tetapi sekali lagi mohon maaf, mungkin tidak ada orang di Palanta yang lebih
kenal dengan Jusfiq lebih dari pada saya, karena perseteruan saya yang tajam
dengan dia sejak tahun 2002 di milis Proletar dan kemudian  dilanjutkan di
milis Apakabar. Bahkan di puncak perseteruan dengan dia di Apakabar sekitar 2
tahun silam, saya pernah menyebutnya---maaf----"manusia babi".  Perseteruan
kami baru berakhir ketika dia diban untuk kelima kalinya dan sekaligus yang
terakhir di Apakabar. Tetapi sekalipun demikian, saya selalu berusaha tidak
dikuasai kebencian, karena pertama saya sadar, orang-orang seperti  Jusfiq
menjadi seperti itu pasti ada sebabnya. Yang kedua, saya selalu percaya bahwa
sejahat-jahatnya seseorang pasti ada kebaikannya, dan sebaik-baiknya seseorang
pasti ada kekurangannya pada dirinya. Apatah lagi saya, walaupun sudah berada
di usia yang sudah bau tanah ini, selalu merasa diri masih sangat jauh dari
sempurna.

http://id.yahoo.com/