J A K A
Oleh K Suheimi

"Ndak amuah mantun do da" kata Jaka memperingati saya
"Kalau salah katokan salah, jan di puji juo nyjak lako ko lai" katanya ketika
saya ingin membela Indra_catri.

Kesalahan saya ialah saya suka melihat seseorang dari sisi baiknya sehingga tak
adil, kata jaka.

"Keceknyo inyiak lako jo anggota latihan sabana hebat, biaya untuak pelatih
nyanyi basamo sabana banyak, tapi hasilnyo ndak sasuai" birotok jaka
baturo-turo.

Dalam hati saya berfikir. Kalau telah mengeluarkan biaya tinggi tapi hasil tak
sesuai dg yg diharapkan, ada apa denganmu??

Saya bayangkan biaya yg mahal itu mungkin digunakan untuk rekaman, supaya
jangan ada yg salah. Waktu acara sebenarnya putar saja kaset kemudian tinggal
komat kamit mengiringi lagu.

Tapi karena kasetnya rusak, kacaulah lagu itu, hilang koordinasi, entahlah saya
juga ngak tahu sehingga Indra jadi bulan-bulanan Jaka

Jaka memang orangnya blak-blakan pantang kalah, pandai mancari helah, hingga
dinobatkan jadi ketua "KRT" kelompok Runciang Tanduak"

Di milis tak ada orang yg bisa melawannya, argumennyo padat, caro ma ilak jo
mangilah sangat pandai

Entah kenapa kok  gelarnya Jaka, dia sendirilah yg tahu. Siapa tahu mungkin dia
masih perjaka. Atau ingin di panggil Jaka seperti jaka tingkir pahlawan yg bisa
mengalahkan buya atau Jaka Tarub yg dapat mencuri baju bidari yg bungsu dan
paling cantik ketika mandi bersiram di Telaga Dewa.
Entahlah urang kapau Irzal Sulaini gelarnya Jaka.

Badannya besar, bicaranya tegas, cimeehnyapun demikian, tapi orang senang dg
kakobeh nan suko ba tere2

Satu hari dia gagal total ndak berhasil mangodak si Manjo (org Gila) yg berusia
 25 tahun walaupun lah disogok Rp 5000.

Kecewalah dia sewaktu di cuwekkin oleh nan sabana tere.

Irzal orangnya pintar, dia telah menguasai IT sebelum orang lain memikirkannya

Lulusan ITB ini pintar kerna waktu kecil, makanannyo Saso. Masakan amak nyo
luar biasa. Saya pernah diajaknya makan ke rumahnya di Mandiangin. Memang luar
biasa, sampai sekarang masih terasa-rasa. Sudah banyak saya coba makanan yg
lezat, tapi rancahab tangan ibu Irzal luar biasa, maklum orang kapau.

Disamping itu ibunya adalah guru memasak kue. Kue enak makanan lazat, Jaka
cangok, sehingga badannya tumbuh. Dg subur dan otaknya pintar. Diantara beradik
kakak badannyalah yg paling besar

Cucu dari SSS Saibi Sutan Sati pengusaha sukses, ini menuruni ke hebatan
inyiaknya.
Saya senang dg ciloteh dan kerajinannya

Dialah orang pertama yg saya temui di SMA 1. Dialah yg selalu hadir disaat kita
butuhkan
Saya berbisik "jaka jadilah Engkau perekat yg akan merekatkan dan mempererat
tali Silaturahim antara Alumni"

Kampus SMA 1 24 Juli 2009